Empat Keindahan di Danau Toba yang Melegenda

0
12
danau toba
Danau Toba - wikimedia

Sumatera Utara menyimpan potensi wisata yang rasanya sayang untuk dilewatkan. Dikelilingi sumber daya alam tropis yang kaya, Sumatera Utara memiliki panorama spektakuler salah satunya adalah Danau Toba yang melegenda.

Danau Toba merupakan salah satu ikon wisata andalan yang ada di Sumatera Utara. Danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, di tengah danau ini terdapat sebuah pulau bernama Samosir. Danau Toba sendiri menjadi milik beberapa kabupaten yang ada di Sumatera Utara, yakni Kabupaten Simalungun, Dairi, Karo, Phakpak Barat, Tapanuli Utara, Toba Samosir, dan Samosir.

Parapat

Luasnya Danau Toba membuat pengunjung bisa menikmati destinasi ini dari berbagai tempat. Salah satunya ada di kota Parapat yang terletak di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Anda bisa menikmati panorama keindahan Danau Toba dan Pulau Simosir dengan leluasa di sini. Jika Anda berminat untuk bermalam di Parapat, di sini juga tersedia banyak hopenginapan hotel berbintang, hingga bunggalow untuk turis domestik maupun mancanegara yang berpesiar ke Danau Toba.

Melancong ke Sumatra tak lengkap rasanya jika tak menyambangi Jalan Siburak-Burak. Kawasan ini merupakan pusat belanja oleh-oleh asli Parapat. Berbagai cinderamata ditampilkan di sini, seperti kalendar batak kuno, gitar batak dari kayu, dan beragam suvenir unik lainnya.

Pantai Ajibata

Anda dan keluarga juga bisa berkunjung ke Pantai Ajibata. Selain menikmati keindahan pulau samosir dan danau toba, ada beragam fasilitas cukup lengkap yang ditawarkan di pantai ini. Mulai dari sepeda air, speed boat, sampan kano, dan sarana mandi lainnya.

Lokasi ini juga menjadi tempat mandi yang menyenangkan, karena pantai yang ada merupakan hamparan pasir yang luas. Di lokasi ini juga tersedia banyak hotel, cafe, dan restoran. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner tradisional yaitu, ikan Tombur dan daging Babi Sasang.

Pulau Samosir

Danau Toba selalu identik dengan Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Memiliki ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, Samosir dikelilingi pegunungan sejauh mata memandang. Maka tak heran bila udara di sini sangat dingin. Uniknya, di pulau ini terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wisasta yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan ‘danau di atas danau.’

Pulau Samosir bukan hanya dianugerahi keindahan alam yang memikat, di sini tersimpan pula beragam benda cagar budaya. Sebagai pulau yang diyakini sebagai daerah asal orang Batak, Samosir memiliki miniatur Rumah Si Raja Batak.

Untuk menuju ke pulau Samosir Anda bisa melalui pelabuhan Ajibata di Parapat. Jika berangkat dari Medan menuju Samosir melalui Parapat, waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam perjalanan. Sesampainya di Parapat perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry yang memakan waktu satu jam perjalanan.

Tomok

Desa Tomok adalah pintu masuk utama menuju Pulau Samosir. Terletak sekitar 9 km dari Parapat, Anda bisa singgah sebentar di sini untuk menikmati pemandangan yang ada. Pasalnya, di sini terdapat obyek wisata Makam Raja Sidabutar. Di Tomok, juga terdapat sejumlah tiga kuburan Raja Sidabutar dan 3 kuburan keturunannya. Makam terbuat dari batu alam utuh tanpa sambungan. Di sekitar Makam Raja Sidabutar juga terdapat kios-kios penjual suvenir khas Batak dan Danau Toba.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY