Pesona Sanur yang Tak Pernah Luntur di Pulau Dewata

0
7
Pantai Sanur - pixabay

Sanur, sebuah daerah yang terletak di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kotamadya Daerah Tingkat II Denpasar, dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Ngurahrai Bali. Daerah ini selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama untuk berbulan madu. Salah satunya adalah keindahan pemandangan matahari terbit dari Pantai Sanur.

Suasana Sanur yang lebih tenang dibandingkan daerah lainnya di Bali, menjadikan Sanur tempat romantis bagi yang ingin berbulan madu. Anda dan pasangan bisa mengabadikan momen honeymoon di sepanjang Pantai Sanur. Di sini terdapat banyak jasa pelukis yang langsung dapat mengabadikan Anda dan pasangan di atas kanvas. Selain berkunjung ke Pantai Sanur Anda juga dapat menjelajahi destinasi lain seperti berikut ini.

Festival Layang-layang di Padang Galak

Jika Anda berkunjung ke Sanur saat pertengahan tahun, jangan lewatkan kesempatan  ikut serta dalam festival layang-layang. Festival ini digelar rutin setiap tahunnya di wilayah Padang Galak. Dalam festival ini berbagai bentuk layang-layang tradisional khas Bali dengan ukuran raksansa seperti Beban (ikan), Janggan (burung), dan Pecukan (berbentuk) dan juga layang-layang hasil kreasi diterbangkan untuk mengikuti perlombaan. Menurut beberapa tokoh agama Hindu, permainan layang-layang memiliki makna religius yang dipersembahkan kepada Dewa Rare Anggon. Dewa tersebut terpecaya sebagai pelindung areal pesawahan petani, sehingga sawah masyarakat Bali tidak terserang hama.

Museum Le Mayeur

Bagi Anda penggemar seni, Sanur juga memiliki museum seni terkenal yang bernama Le Mayeur. Museum ini merupakan karya seorang pria keturunan Belgia bernama Adrien Jean Le Mayeur de Merpes. Objek lukisan Le Mayeur kebanyakan adalah seorang gadis Bali bernama Ni Polok. Di Museum ini juga teradpat pendopo yang dipergunakan untuk menampilkan pertunjukan khas Bali setiap diadakannya pameran lukisan. Selain lukisan, di museum ini juga terdapat koleksi buku tua, furnitut khas Bali, dan beberapa ukiran lainnya milik Le Mayeur.

Pulau Serangan

Kurang lengkap rasanya jika ke Bali tanpa menikmati keindahan bangunan pura yang memesona. Di Sanur Anda dapat mengunjungi kawasan Pura Blanjong. Kompleks pura ini terdapat peninggalan bersejarah Prasasti Blanjong yang ditulis dalam dua bahasa dan dua huruf. Prasasti Blanjong diletakkan di sebuah ruangan yang dikelilingi dengan tembok kaca. Bagi Anda yang ingin menikmati bulan madu dengan cara yang berbeda cobalah menyebrang ke Pulau Serangan.

Di pulau ini Anda dapat melihat secara langsung kura-kura dan penyu untuk dikembangbiakan, telur kura-kura yang sedang dierami, atau kura-kura unik berwarna hijau. Selain mengamati secara langsung hewan yang dilindungi ini, pengunjung juga dapat menikmati keindahan hutan mangrove di sekitar Pulau Serangan dengan menaiki perahu.

Pusat Oleh-oleh  di Jalan Danau Tamblingan

Puas menjelajahi Sanur,  jangan lupa untuk membeli cinderamata khas untuk sanak saudara di Rumah. Di Sanur terdapat satu lokasi yang tepat untuk mendapatkannya, yaitu Jalan Danau Tamblingan. Di sepanjang Jalan Danau Tamblingan merupakan pusat perbelanjaan, berbagai macam kerajinan khas Bali seperti tas terbuat dari rotan dan kain, hingga suvenir khas Bali lainnya.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY