Melipir Sejenak ke Desa Pengrajin Benda Seni di Bali

0
30
desa seni bali
Instagram | jeg.bali

Jika Anda hendak ke Ubud dari Denpasar, maka sepanjang jalan Sahabat Mahligai akan melalui desa Celuk, Sukawati, Batuan, dan Mas yang menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi pecinta dan kolektor barang seni serta cinderamata.  Di sepanjang rute ini ada banyak tempat pembuatan dan penjualan kerajinan tangan khas Bali. Baik benda-benda seni kelas tinggi untuk koleksi, maupun sekedar untuk cinderamata.

Barang-barang kerajinan di sana diproduksi langsung dari berbagai bengkel kerajinan yang  berada di rumah-rumah penduduk di desa tersebut. Wisatawan dapat singgah di tempat tersebut untuk melihat proses produksi sekaligus membelinya untuk menghidupi perekonomian warga setempat.

Celuk

Tempat ini merupakan pusat kerajinan emas dan perak yang memiliki banyak sekali pengrajin perhiasan. Para ahli emas dan perak di desa ini membuat berbagai macam perhiasan untuk dijual maupun sesuai dengan pesanan. Bengkel kerajinan mereka bisa dikunjungi oleh para wisatawan, serta melayani pesanan dan desain khusus perhiasan dari emas dan perak.

Batubulan

Kalau celuk terkenal akan pusatnya emas dan perak, lain lagi dengan batubulan yang menjadi pusat kerajinan patung dari batu. Ratusan patung-patung batu dipajang di pinggir jalan mulai dari desa Batubulan hingga ke Tegaltamu bahkan sampai ke Silakarang.

Desa ini juga memiliki sejumlah pura yang terkenal memiliki ukiran batu yang halus dan indah. Salah satu diantaranya adalah Pura Paseh yang layak dikunjungi karena dekorasinya agak berbeda dengan pura lain yang ada di Bali.

Batubulan juga terkenal sebagai desa pusat penjualan barang-barang antik. Jadi bagi Anda yang pengoleksi benda antik, jangan lupa mampir untuk membeli berbagai kerajinan tangan, tekstil, dan ukiran kayu di desa ini.

Sukawati

Pada masa lalu desa ini merupakan ibukota dari salah satu kerajaan di Bali. Kini, Sukawati tersohor sebagai pusat pernak-pernik tradisional khas Bali. Cobalah berkunjung ke Pasar Seni Sukawati. Di sini Anda bisa menemukan aneka pernak-pernik tradisional yang dijual dengan range harga beragam. Jangan segan untuk menawar agar mendapat harga terbaik ya!

Peliatan

Desa Peliatan sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun asing untuk membeli hasil kerajinan warga desa dan menonton pertunjukan kesenian. Letaknya yang dekat dengan wilayah wisata Ubud, juga membuat desa Peliatan punya potensi yang baik sebagai lahan subur berkembangnya seni budaya dan para seniman. Tak heran jika beragam tokoh seniman berpengalaman di tingkat Nasional maupun Internasional seperti I Wayan Gandra dan I Made Lebah tinggal di desa ini.

Bona

Berlokasi di antara Gianyar dan Blahbatu, Bona dikenal sebagai tempat adat muasal tarian Kecak. Desa ini juga dikenal sebagai pusat anyaman keranjang dan benda-benda lain dianyam dengan bahan baku lontar. Di dekat Bona, terdapat desa Belega yang dikenal sebagai bengkel-bengkel kerajinan kursi, meja, tempat tidur, dan lemari yang terbuat dari bambu yang banyak dipesan dan dipergunakan oleh hotel-hotel yang ada di Bali.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY