Bangka Belitung, Surganya Para Pecinta Pantai

0
207
Pantai Tanjung Tinggi

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berbatasan dengan Laut Cina Selatan di bagian utara, Selat Karimata di sebelah timur, Laut Jawa si selatan serta Selat Bangka dan Pulau Sumatera di sebelah barat. Dengan luas wilayah yang 80% nya adalah perairan, sudah tentu Babel didominasi oleh wisata air, melalui pantai-pantainya yang indah.

Pantai-pantai di Babel sendiri menawarkan keindahan yang unik berbeda dari pantai lain di pelosok negeri ini. Dan bahkan, meskipun satu provinsi, pantai di Pulau Bangka memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai di Pulau Belitung

Pantai di Pulau Bangka, umumnya  berpasir putih dan halus meskipun ada yang berwarna kuning keemasan seperti bulir padi. Pantainya landai dan dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik. Sedangkan pantai-pantai di Pulau Belitung dihiasi dengan pasir putih dengan batu granit dan air laut sejernih kristal.

Pantai Pasir Padi yang terletak 7 Km dari kota Pangkal Pinang, Bangka merupakan pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Struktur pantainya landai hingga jauh ke tengah. Ombaknya tenang dan kontur pasirnya padat, putih juga halus. Oleh sebab itu pantai itu nyaman bagi pejalan kaki bahkan dapat dilalui oleh moil maupun motor.

31 Km dari kota Tanjungpandaan, Pulau Belitung ke arah utara, Anda akan menemukan Pantai Tanjung Tinggi atau yang dikenal juga dengan nama Pantai Bilik. Letaknya di Dusun Tanjung Tinggi Desa Keciput Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung.

Sejauh mata memandang airnya jernih dan tenang, kemilaupasir putih halus akibat terpaan sinar matahari serta batu-batu granit setinggi 15 m, memperelok panorama pantai. Bila Anda menyelam, Anda akan menemukan panorama alam bawah laut yang sangat menawan. Keindahan terumbu karang -yang juga kasat mata dari permukaan- begitu memanjakan pecinta diving.

Selain kedua pantai tersebut, pantai-pantai lain yang juga tidak kalah indahnya di Pulau Bnaga adalah Pantai Air Anyir, Teluk Luber, Rebo, Tikus, Tsnjung Pesona, Parai Tenggiri, Matras-Romodong dan Tanjung Penyusuk.

Sedangkan di Pulau Belitung, pantai- pantai yang juga menawan adalah Pantai Tanjung Pedam, Tanjung Kelayang, Bukit Berahu, Pantai Batu Lalang serta pantai Serdang.(*)

Teks. Theresia Triomegani
Foto. M. Mashud Achmad

 

 

LEAVE A REPLY