Berpetualang Seru ke Pulau di Ujung Kulon

0
155
pedomanwisata.com

Siapa tak kenal Taman Nasional Ujung Kulon? Pasti yang terbersit pertama kali adalah badak bercula satunya yang terkenal itu. Padahal taman nasional ini punya banyak destinasi wisata yang cukup menarik. Bahkan tiga pulau di Ujung Kulon yaitu Pulau Peucang, Panaitan, dan Handeleum masuk ke dalam daftar situs warisan dunia Unesco.

Tak salah kiranya jika mereka memasukan tiga pulau itu sebagai warisan budaya dunia. Pasalnya ketiganya memiliki pemandangan alam yang memesona. Jika Anda ingin mengunjungi ke sana maka berikut adalah gambarannya.

Pulau Peucang
Pulau Peucang merupakan pulau yang sudah lengkap fasilitasnya sehingga pulau tersebut layak dan siap untuk dikunjungi wisatawan. Fasitas seperti dermaga, penginapan, dan pusat informasi yang memadai dapat mempermudah wisatawan yang datang. Jika ingin kesini, Anda bisa menikmati pemandangan pantai pasir putih yang memesona. Kegiatan yang bisa dilakukan di sana antara lain menelusuri Karang Copong, berenang, bersantai, dan menyelam.

Karang Copong cocok dikunjungi untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, ada juga padang rumput Cidaon yang harus dicapai dengan naik kapal sekitar 20 menit. Cidaon terletak di kawasan utama TNUK (Taman Nasional Ujung KUlon) atau sekitar 2 kilometer dari Pulau Peucang. Pengunjung juga dapat menyeberang ke Padang Penggembalaan Cidaon untuk mengamati binatang seperti banteng, merak, rusa, dan babi hutan. Selain itu, ada juga mercusuar peninggalan kolonial Belanda.

Pulau Panaitan
Tak kalah indah dengan Peucang, Pulau Panaitan memiliki hamparan pasir putih yang luas. Di pulau ini Anda bisa menyelam melihat-lihat terumbu karang Batu Pitak. Arus yang kuat dan beberapa faktor lainnya membuat penyelam pemula tak direkomendasikan untuk menyelam di sana.

Bukit yang ada di Panaitan diselimuti hutan dan aneka satwa liar. Bila berkunjung ke sana, jangan heran bila bertemu rusa, babi hutan, monyet, ular phyton, kadal raksasa, buaya air tawar, dan burung-burung. Bila menelusuri pulau ini, Anda juga bisa melihat Arca Ganesha dan benda peninggalan jaman Hindu kuno, tepatnya di Puncak Gunung Raksa.

Pulau Handeleum
Selain dua pulau di atas, masih ada pulau Handeleum yang tak boleh terlewat untuk dikunjungi. Meski sama-sama berpasir putih, Handeleum bukanlah tempat untuk menyelam. Hal ini dikarenakan banyaknya karang beserta akar pohon bakau.

Ada hal lain yang menarik di pulau ini, yaitu sungai Cigenter. Anda bisa menelusuri sungai dengan menyewa kano yang muat untuk 7-15 orang tergantung ukurannya. Menelusuri sungai ini akan membuat kita merasakan petualangan serasa di sungai Amazon. Keheningan akan menjadi teman perjalanan kita di sana. Belum lagi, hutan bakau di sekeliling sungai membuat pemandangan bertualang menjadi berbeda.

ALI IMRON H| TR

LEAVE A REPLY