Daftar Kegiatan yang Tak Boleh Terlewat Saat Berkunjung ke Padang

0
341
pantai nirwana
Pantai Nirwana - Instagram | harisphotography21

Hampir setiap orang punya rencana berlibur, termasuk Anda tentunya. Karena liburan termasuk rencana kegiatan istimewa, maka sebaiknya agenda perjalanan dan tujuan wisata pun harus terencana.

Apalagi bila Anda berniat untuk berkunjung ke wilayah Sumatera Barat. Provinsi yang digadang-gadang menjadi destinasi wisata halal ini memiliki destinasi lengkap, mulai dari pantai dan pegunungan yang indah bersih. Panorama pegunungan di sebelah utara dan timur kota, serta pantai di bagian baratnya merupakan keindahan yang akan memanjakan mata saat berkunjung ke sini. Tak hanya itu, budaya Melayu dengan tarian dan musiknya yang rancak serta berbagai pusat sentra kerajinan songket juga menjadi keunggulan daerah ini sebagai tujuan wisata.

Lantas apa saja yang perlu Anda lakukan saat berkunjung ke Kota Padang Berikut kami berikan rekomendasi daftar perjalanan selengkapnya!

Menyaksikan Keindahan Panorama Pegunungan Bukittinggi

Pegunungan Bukittinggi adalah kota yang banyak dikunjugi wisatawan setelah tiba berkunjung di Padang. Perjalanan Padang-Bukitinggi sangat memuaskan pandangan mata, melewati kawasan air terjun Lembah Anai, serta berpanorama Gunung Singgalang dan Gunung Merapi. Ngarai Sinaok menawarkan panorama luar bias, Anda pun bisa menyaksikan Taman Panorama sebagai tempat bersantai dan sejuk di sore hari. Di Sumatera Barat memiliki sejumlah danau memesona, antara lain Danau Maninjau nan elok, sekitar 38 km dari Bukittinggi.

Mengagumi Eksotika Pantai di Padang

pantai nirwana padang
pantai nirwana padang |pantai nirwana padang

Pantai Nirwana terletak di pinggiran kota Padang dengan jarak 40 menit bisa menikmati pantai yang banyak terdapat kerang laut, kepiting, tiram, dan ain-lain. Pantai lain yang sering dikunjungi yakni Pasir Jambak sekitar 25 km dari kota Padang. Ada lagi Pantai Air Manis yang sangat populer di kalangan masyarakat Padang dengan adanya legenda cerita si Malin Kundang.

Berbelanja Kerajinan Penduduk Lokal

Jika berkunjung ke suatu tempat jangan lupa untuk membeli cinderamata khas penduduk setempat. Selain sebagai benda kenang-kenangan, apa yang kita lakukan ini tentu membantu perekonomian masyarakat lokal. Di Padang Anda bisa berbelanja songket, bordir dan kerajinan perak merupakan ciri khas produk kerajinan tangan Sumatra Barat.

Bila ke Bukittingi, berkunjung ke Jalan Raya Bengkawas, yang jaraknya sekitar 10 kilometer dari Bukiittinggi terdapat toko bordir baju menjual dan terima bordir bermotif khas Minangkabau. Bahkan ada juga peralatan makan seperti taplak meja dan alas gelas, songket tenunan Pandai Sikek dan Songket Silungkang khas Minang.

Menonton Pertunjukan Tradisional

Kota Padang juga punya agenda acara tahunan dan kegiatan menarik yang tak boleh dilewatkan. Anda bisa menyaksikan pertunjukan lomba dayung perahu naga (Dragon Boat) yang cukup unik bentuknya. Atraksi barongsai juga digelar setiap acara ulang tahun provinsi Sumatra Barat. Lebih seru, juga diselenggarakan secara rutin pacuan kuda di Bukittinggi, sebagai olah raga populer di Sumatra Barat. Ada pula olahraga arung jeram dan terbang layang di kawasan Danau Maninjau.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY