Danau Biru Cigaru, Wisata Alam Baru yang Hits di Kabupaten Tangerang

0
102
danau biru cigaru
Danau Biru Cigaru dari Ketinggian - Instagram

Kabupaten Tangerang ternyata bukan hanya identik sebagai kota seribu industri semata. Wilayah yang terletak di sebelah barat Jakarta ini belakangan menjadi banyak perbincangan orang karena memiliki destinasi wisata memukau, Danau Biru Cigaru.

Mulanya, tak ada yang mempedulikan area penambangan pasir yang terletak di Kampung Cigaru, Kecamatan Cisoka ini. Hingga pada tahun 2015, aktivitas penambangan pasir berhenti karena kedalaman lubang yang sudah tidak produktif lagi. Semenjak itu, genangan air yang menutupi tiga area bekas galian membentuk tiga danau dengan kedalaman hingga 50 meter.

‘Kejaiban alam’ pun muncul setelah terjadi kemarau panjang yang melanda wilayah Tangerang. Air dalam cekungan yang semula keruh lambat laun berubah menjadi warna hijau-kebiruan. Berbagai versi mitos mulai dari keberadaan jin dan bidadari yang mengubah telaga biru ini menyeruak di kalangan masyarakat lokal. Namun jika dijawab dengan pengetahuan ilmiah, perubahan warna telaga ini diduga terjadi karena kondisi cuaca, kadar asam, dan tumbuhan gangga di danau ini.

Terlepas dari asal muasal warna biru yang dihasilkan, pesona Danau Biru Cigaru sudah berhasil memikat para wisatawan untuk berkunjung. Berkat foto-foto yang dibagikan melalui media sosial oleh para wisatawan, lambat laut pesona Danau Biru Cigaru semakin banyak dikenal orang dan semakin banyak mendatangkan wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah.

Melihat potensi wisata yang ada, warga sekitar pun mengelola wisata alam Danau Biru Cigaru dengan menambah beragam fasilitas. Misalnya saja, Anda bisa menaiki ‘perahu getek multifungsi’ yang memiliki bergron rangkaian bunga berbentuk hati dan sepasang ayunan. Dengan membayar sebesar Rp. 10.000 – Rp. 15.000 Anda bisa berswafoto di tempat ini. Ada pula sepeda air berbentuk bebek yang bisa disewa untuk berkeliling danau jika Anda berkunjung bersama anak-anak.

Perahu di Danau Biru Cigaru – Instagram.com |

Rute Menuju Danau Cigaru

Untuk menuju ke danau Cigaru ini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jangan khawatir akan tersasar, sebab lokasi di peta digital sudah cukup akurat untuk menemukan lokasi ini. Sedangkan jika Anda menggunakan ke ndaraan umum, dari arah Jakarta kita bisa naik kereta listrik menuju Maja, kemudian turun di Stasiun Tigaraksa. Dari stasiun kita dapat mencari angkot jurusan Adiyasa – Balaraja berwarna putih kombinasi hijau toska dan mintalah turun di SMAN 8 Cisoka. Selanjutnya, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi menggunakan ojek konvensional.

Tips Tambahan

Waktu terbaik untuk berfoto di Danau Biru Cigaru adalah saat cuaca cerah di pagi atau sore hari. Jangan lupa siapkan sunblock dan masker untuk menutupi debu yang tertiup angin. Jika Anda datang dari luar kota, sebaiknya lanjutkan kunjungan ke wilayah Tebing Koja yang tak jauh dari lokasi Danau Biru Cigaru. Apakah Anda tertarik berkunjung ke Danau Biru Cigaru?(*)

 

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY