5 Objek Wisata di medan Yang Wajib Dikunjungi

0
80
foto:Very barus

 

 

Kota Medan tidak hanya terkenal dengan buah duriannya saja. Banyak objek wisata menarik yang bisa kamu kunjungi selama disana.  Di kota Medan juga banyak tempat-tempat wisata bersejarah yang bisa kamu kunjungi sekaligus menambah ilmu.

Berikut beberapa tempat rekomendasi yang bisa kamu kunjungi saat berada di kota Medan:

  1. Istana Maimun

Bangunan bersejarah ini cukup terkenal di kota medan. Dengan arsitektur bergaya India, Melayu, Islam, Italia, dan Spanyol ini telah menjadisalah satu  maskotnya kota Medan. Setiap hari libur, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Dulunya, istana Mainum merupakan peninggalan Kesultanan Deli. Banyak barang-barang bersejarah disimpan di tempat. Kamu bisa melihat langsung menda-menda bersejarah tersebut disini.

Kamu juga bisa mengenakan pakaian adat Melayu dan berfoto dengan pakaian adat tersebut. Hanya dengan membayar Rp15.000,00 hingga Rp30.000,00. Untuk memasuki istana, kamu dikenakan biaya Rp5.000,00.

  1. Masjid Raya al-Mashun
foto: google image
foto: google image

Tidak jauh dari Istana Maimun terdapat Masjid Raya al-Mahsun. Orang lebih mengenal masjid ini dengan sebutan Masjid Raya Medan. Sama-sama merupakan peninggalam Kesultanan Deli, masjid ini mempunyai arsitektur yang indah khas Spanyolan, India, dan Timur Tengah. Berkunjung disini, kamu dapat merasakan kemegahannya.

  1. Rumah Tjong A Fie
foto:wisatajiwawordpress.com
foto:wisatajiwawordpress.com

Selain arsitekturnya yang menawan, perpaduan budaya Tiongkok, Melayu, dan Eropa, banyak juga peninggalan bersejarah yang disimpan di dalamnya. Untuk bisa memasuki rumah ini, kamu hanya dikenakan biaya Rp35.000 per orang. Selain rumah Tjong A Fie, sekitar rumah ini juga masih banyak bangunan bergaya kolonial Belanda yang masih berdiri.

  1. Gedung London Sumatra
foto:medanpos.com
foto:medanpos.com

Tidak jauh dari Rumah Tjong A Fie, kamu bisa menemukan Gedung London Sumatra atau disingkat Lonsum . Gedung warna putih dengan gaya Eropa klasik yang sangat mencolok di antara gedung-gedung yang ada di sekitarnya. Gedung yang mempunyai lima lantai ini, dulunya merupakan kantor dagang dan perkebunan yang dibangun oleh perusahaan Inggris Horrisons & Crosfield Company. Uniknya, untuk naik turun lantai di dalam gedung ini, masih digunakan lift gaya klasik yang konon merupakan lift pertama yang beroperasi di Medan. Hingga saat ini, lift ini pun masih tetap dipertahankan untuk beroperasi untuk menjadi daya tarik wisatawan. Sebagai salah satu tempat wisata, pemerintah setempat selalu menjaga gedung ini agar tetap terawat dan megah.

  1. Kantor Pos Medan
foto:panoramio
foto:panoramio

Tak jauh dari gedung London Sumatra, berdiri kantor pos Medan yang juga tidak kalah klasiknya. Meskipun sampai saat ini kantor pos masih berfungsi dengan baik, gedung dengan arsitek khas kolonial tetap dipertahankan. Perawatan sana sini sangat tampak sering dilakukan. Kalau kamu tertarik untuk menikmati tingkat seni dari arsitektur bangunan ini, masuk saja selama jam operasi kantor pos masih berlangsung. Tidak dipungut biaya kok. Suasana khas kantor pos dipadukan dengan gedung yang klasik membuatmu serasa berada di jaman kolonial Belanda. Tidak hanya itu, di tempat ini juga banyak penjual batu mulia dengan kios-kios yang berjajar.

Very barus

LEAVE A REPLY