Pulau Derawan, Surga Rahasia Bagi Pecinta Wisata Pantai

0
273
Pulau Derawan, Surga Rahasia Bagi Pecinta Wisata Pantai
Instagram/ shintachinsta

Kepulauan Derawan sebenarnya sudah sejak lama jadi incaran pecinta wisata bawah laut dari segala penjuru dunia. Namun, geliat pariwisatanya mulai sangat terasa sejak pertengahan tahun 2000-an. Kepulauan Derawan yang berlokasi di Kawasan Kalimantan Timur ini bahkan pernah terpilih sebagai salah satu destinasi paling favorit di tahun 2014 di antara 20 tujuan wisata dari sejumlah negara lain.

Derawan memang menawarkan surga kehidupan bawah laut yang paling dicari para penggemar wisata bawah laut. Keragaman spesies yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, barakuda, dan beberapa jenis lainnya.

Perjalanan untuk mencapai Pulau Derawan ditempuh melalui jalur darat, laut, dan udara. Untuk menyebrang ke Pelau Derawan, Anda bisa naik kapal dari Tanjung Batu. Umumnya perjalanan dari Tanjung Batu ke Derawan membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Namun, hal tersebut bisa berubah tergantung waktu dan keadaan air laut. Jika Anda berangkat di malam hari dan air sedang surut, waktu yang ditempuh bisa mencapai 50 menit.

Salah satu aktivitas di Derawan yang menarik adalah melihat penyu hijau yang mendarat di pantai. Cara jitu untuk memancing kedatangan penyu hijau adalah dengan menceburkan daun pisang sebagai umpan yang diikatkan tali. Hanya dengan duduk santai di atas dermaga saja kita sudah bisa melihat keberadaan penyu yang kadang berenang santai di sekitar dermaga.

Setelah puas melihat penyu, saatnya mengeksplorasi pulau-pulau lain yang berada di sekitar Pulau Derawan. Sebagai informasi, di Kepulauan Derawan ada empat pulau utama yang biasa disinggahi para wisatawan, antara lain Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki, dan Pulau Maratua. Keempatnya memiliki karakteristik dan pesona yang berbeda. Semuanya bisa dijelajahi menggunakan speedboat.

Pulau Derawan, Surga Rahasia Bagi Pecinta Wisata Pantai
Pulau Kakaban – Instagram/ kakabantrip

Setiap pulau menyimpan keindahannya sendiri, seperti di Pulau Maratua yang merupakan pulau besar yang dikelilingi gugusan terumbu karang dan memiliki banyak titik selam, yang paling terkenal adalah Baraccuda Point. Tak begitu jauh dari pulau ini terdapat pulau kerang bernama Pulau Kakaban.

Pulau Kakaban merupakan sebuah pulau purba berusia jutaan tahun. Di tengahnya terdapat sebuah danau bernama Danau Kakaban. Ada yang unik di danau ini, di mana terdapat spesies ubur-ubur tanpa sengat. Dahulu kala ketika karang menyembul ke permukaan laut, beberapa spesies ikut terperangkap di dalam tanah. Karena tidak adanya predator, ubur-ubur yang ada di sana berevolusi dan kehilangan daya sengatnya sampai sekarang. Di bagian luar danau juga tidak kalah menarik. Terumbu karang yang berada persis di wall sangat rapat, jumlah ikannya sangat banyak dan beragam. Schooling fish juga banyak ditemukan di sini.

Pulau terakhir yang bisa dikunjungi adalah Pulau Sangalaki, di sini setiap harinya merupakan tempat penyu bertelur. Untuk menyaksikan penyu bertelur di pulau harus datang pada malam hari. Pulau Sangalaki memiliki garis pantai yang indah. Karakter pantainya landai dan dangkal. Pasir putih? Sudah pasti.

Jika beruntung, di perjalanan saat wisata pulau Anda bisa bertemu dengan kawanan lumba-lumba dan ikan pari manta. Pastikan Anda kembali kepenginapan sebelum gelombang laut pasang.

Teks: Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here