Surga Tersembunyi di Samawa

0
266
Dok. Samawa Seaside Cottages

SELAYAKNYA sebuah surga tersembunyi, tidak banyak yang tahu lokasi resor yang satu ini. Terletak di area perkebunan di Tanjung Menangis, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, Samawa berseberangan langsung dengan pulau Moyo dan Laut Flores. Hamparan pasir putih dengan laut biru tak banyak berombak membawa keindahan dan kenyaman tak tertandingi.

Kawasan timur Indonesia kini menjadi surga tujuan wisata. Salah satunya adalah Samawa Seaside Cottages, merupakan sebuah resor yang dikelilingi tanaman hijau dan pasir putih. Bangunan resor berkonsep rumah tradisional Nusa Tenggara Barat, terdiri dari 6 cottages berbentuk rumah khas suku asli Sumbawa dan 7 cottages berbentuk rumah khas Lombok.

Destinasi Wisata
Letak Samawa Cottage – Dok. Samawa Seaside Cottages

Berlokasi di salah satu tanjung di Pulau Sumbawa bernama Tanjung Menangis menawarkan pemandangan Teluk Saleh yang membiru jernih sejauh mata memandang. Gunung Tambora yang kondang akan keindahan ekostisnya  merupakan panorama penuh pesona ketika matari terbit di ufuk timur, tak kalah kicauan burung pun turut menyambut suasana pagi.

Destinasi Liburan
Dok. Samawa Seaside Cottages

Dan tidak hanya itu, Samawa Seaside Cottage juga berhadapan langsung dengan Pulau Moyo, sebuah destinasi populer di Pulau Sumbawa. Meskipun kecil, pulau yang sepi namun memiliki kekayaan alam luar biasa ini, berhasil memikat beberapa orang figur ternama sekaliber mendiang Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur. Untuk mencapai Pulau Moyo, yang populer untuk menyelam dan snorkeling spot, hanya perlu naik perahu sekitar 15 menit dari resor Samawa.

Perjalanan Menuju Samawa

Untuk mencapai Sumbawa ada dua jalur yang dapat ditempuh yakni melalui jalur darat maupun udara. Jalur darat menggunakan travel bus tujuan Lombok – Sumbawa dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. Untuk jalur udara ditempuh dalam waktu 30 menit, tersedia 2 maskapai melayani rute Lombok – Sumbawa, dan 1 maskapai rute Bali – Sumbawa. Dari Bandar Udara Sultan Kaharuddin menuju Samawa Seaside Cottages berjarak 21 km atau sekitar 45 menit perjalanan darat.

Di sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan alam Kabupaten Sumbawa yang masih perawan belum terjamah. Sisi kiri kanan jalan dipadati kebun ataupun lahan masyarakat yang terawat rapi. Perjalanan juga melewati salah satu pedesaan yang terkenal sebagai penghasil permen susu kerbau khas Sumbawa yaitu Desa Penyaring.

Satu lagi yang tak bisa terlewatkan jika berkunjung ke Kabupaten Sumbawa yakni pacuan kuda. Dalam perjalanan ke Samawa Seaside Cottages juga akan melewati tempat pacuan kuda, yang setiap hari Minggu selalu dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan kuda-kuda Sumbawa berpacu kencang dengan joki ciliknya.

Temukan Ketenangan di Sini

Samawa Seaside Cottages merupakan surga bagi kebanyakan orang yang ingin menemukan ketenangan dan inspirasi baru. Suana tenang dan jauh dari kebisingan, menjadikan resor ini merupakan destinasi romantis bagi pasangan yang berbulan madu, atau ingin melewatkan momen indah bersama orang-orang terdekat maupun keluarga tercinta. Setiap unit bangunan cottage berjarak cukup berjauhan, benar-benar serasa menghuni sebuah villa pribadi. Tentu Anda bersama pasangan tak ingin melewatkan saat bersantai di teras bangunan yang seluruhnya terbuat dari kayu ini, sembari menikmati pemandangan laut Flores yang biru jernih terutama di saat matahari sangat terik.

Destinasi Wisata
Dok. Samawa Seaside Cottages
Destinasi Wisata
Dok. Samawa Seaside Cottages

Berada di Samawa Seaside serasa  memiliki private beach sendiri, laut yang biru dan indah, dermaga yang berpemandangan lepas ke pantai, dan pasir putih serta suasana yang menenangkan. Keindahan suasana pantai pun bisa dinikmati dari balkon pribadi dari setiap cottages. Resort ini pun memiliki ragam fasilitas setara hotel bintang lima, setiap cottages dilengkapi ruang tamu dan ruang makan, kamar dilengkapi TV kabel layar datar dan minibar, serta free Wifi.

Aktivitas Favorit

Sejumlah aktivitas favorit seperti menyelam/diving di bekas kapal karam Jepang yang berlokasi sekitar 200 meter dari tepi pantai Samawa Seaside Cottages dan di 11 titik penyelaman unggulan lainnya. Selain itu, luangkan kesempatan khusus menikmati keindahan laut dengan snorkeling di Ai Manis. Jangan lewatkan momen untuk berkunjung ke Pulau Moyo –yang bisa ditempuh dengan perahu hanya sekitar 15 menit langsung darmaga Samawa Seaside Cottages, dan menikmati Waterfall Excursion Trip, Fish Feeding, Cruising, maupun Bottom Fishing.

Destinasi Wisata
Dok. Samawa Seaside Cottages

Tentu Anda tak ingin melewatkan kesempatan menyusuri pulau dan menikmati city tour seputar Sumbawa Besar, yang akan menjadi kenikmatan tersendiri, antara lain dengan mengunjungi tempat bersejarah dan wisata kuliner. Cobalah kelezatan barbeque di tepi laut, bersepeda, dan jangan lewatkan candle light dinner yang romantis bersama pasangan tercinta. Untuk menjaga stamina dan kesegaran tubuh selama dalam rangkaian perjalanan liburan, sempatkan menikmati sensasi madu asli Sumbawa sebagai bahan perawatan tubuh di Samawa Spa.

Destinasi Liburan
Ilustrasi Candle Light Dinner – Dok. Samawa Seaside Cottages

Tips Berlibur ke Sumbawa

  • Kumpulkan Informasi

Pulau ini tidak seperti Bali yang kondang dengan lengkapnya fasilitas dan informasi berbagai fasilitas pendukung perjalanan liburan. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai lokasi atau destinasi liburan ke Pulau Sumbawa ataupun pulau kecil di sekitarnya, sebelum jauh hari keberangkatan. Baik mengenai informasi akomodasi, transportasi, maupun lamanya perjalanan menuju ke tempat destinasi liburan yang diinginkan.

  • Paket Wisata

Jika ragu untuk merancang sendiri perjalanan wisata dan aktivitas yang akan dilakukan, maka jangan ragu memakai jasa biro perjalanan wisata. Biasanya, biro wisata ini bekerja sama dengan guide lokal yang akan banyak membantu wisatawan selama menikmati perjalanan dan liburan.  Sulitnya transportasi umum menuju daerah-daerah wisata di pulau kecil ini, sebaiknya Anda menyewa mobil untuk mencapai lokasi yang dituju.

Sumbawa termasuk daerah dengan musim kering cukup panjang. Namun, pilihlah masa liburan kunjungan pada bulan-bulan April-Nopember. Pada bulan-bulan tersebut wisatawan akan menikmati langit Sumbawa yang sangat cerah dan jernih, sehingga –bagi pecinta fotografi khususnya, akan mendapatkan hasil foto lansekap yang bagus.

  • Kegiatan Favorit

Salah satu tujuan favorit di pulau ini adalah aktivitas wisata dan olah raga laut. Siapkan perlengkapan untuk menikmati snorkeling, diving, maupun berenang. Meski Anda akan mendapati laut dengan ombak yang cukup tenang, tak ada salahnya tetap waspada dan hati-hati bila tak terlalu mahir untuk beraktivitas di air laut.

 

Teks : Dwi Ani Parwati
Foto: Dok. Samawa Seaside Cottages

LEAVE A REPLY