Siap-siap Terpesona dengan Keindahan Pantai Selatan Wediombo Yogyakarta

0
117
Foto: Elsa

Yogyakarta memang sangat terkenal sebagai destinasi yang dipenuhi dengan lokasi wisata memukau, salah satunya adalah Pantai Wediombo. Arti dari nama Wediombo ini sebenarnya bertolak belakang dari penampakan yang sebenarnya. Berasal dari bahasa Jawa, wedi berarti pasir, sedangkan ombo memiliki arti luas. Jadi secara harfiah, arti dari wediombo adalah pasir yang luas. Sementara yang sebenarnya wediombo memiliki wilayah yang lebih kecil dibandingkan pantai-pantai selatan Yogya lainnya.

Terlepas dari itu semua, pantai wediombo tetap memiliki keindahannya sendiri. Memiliki hamparan pasir berwarna putih, laut biru yang terlihat berkilau dan batuan karang yang berdiri kokoh sangat memanjakan mata Anda. Jika dalam keadaan surut, Anda dapat melihat hamparan batu karang yang luas, ikan-ikan hias dan rumput laut.

Terletak di daerah Gunung Kidul, yakni di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, pantai yang satu ini memang belum se-eksis pantai-pantai di Yogyakarta lainnya. Untuk mencapai pantai ini Anda juga harus menuruni beberapa anak tangga karena letaknya berada di dataran yang lebih rendah. Nah, jadi jika Anda saat ini masih bingung menentukan destinasi wisata, ada baiknya untuk memperhitungkan destinasi wisata yang satu ini.

Memancing Ikan dari Atas Batu Karang

Salah satu hal unik dari pantai yang satu ini adalah bebatuan karang yang menghampar hampir di sepanjang pantai. Namun, dari beberapa batuan tersebut, ada salah satu bukit batu karang yang menajdi tempat memancing favorit turis-turis lokal. Jika Anda mau berusaha menuju medan yang cukup sulit, dengan bermodalkan alat pancing dan umpan berupa ikan teri saja Anda bisa mendapatkan ikan-ikan berukuran besar.

Tapi jika Anda tak punya banyak nyali untuk menuju bukit karang, Anda bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan. Beberapa warung juga menerima jasa pengolahan ikan, seperti dibakar ataupun digoreng dengan suguhan lalapan dan sambal yang lezat.

Berenang di Kolam Alami

Faktor lain yang menjadikan Pantai Wediombo sebagai tempat wisata favorit adalah kolam alami yang terletak di tengah-tengah batu karang. Sambil berenang Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berkeliaran di sekitar Anda. Keseruan ini ditambah dengan ombak kecil yang sekali-sekali menghantam tubuh Anda. Sensasi tubuh yang terombang-ambing sangatlah menyenangkan.

Pesona Matahari Terbenam yang Tak Terlupakan

Semakin sore ombak akan semakin pasang, sehingga tidak disarankan bagi Anda berenang dan bermain di bebatuan karang. Menjelang sore, Anda bisa membersihkan tubuh Anda di toilet-toilet umum yang disiapkan oleh warga. Setelah itu, bersiaplah untuk menikmati pesona matahari terbenam yang mungkin akan selalu terkenang di pikiran Anda.

Bertenda di Bawah Jutaan Bintang-Bintang

Jika Anda beruntung, di malam hari akan bertabur bintang-bintang di atas langit Wediombo. Suasana makin berkesan dengan suara mesra deburan ombak yang menabrak batu-batu karang.

Bertenda semalaman di pantai dengan jutaan bintang merupakan ide yang sangat menantang bukan? Apalagi pantai ini sekarang telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti warung, toilet umum dan mushola. Karena ombak yang cukup besar di waktu petang, sebaiknya Anda bertanya dulu pada penduduk sekitar lokasi yang aman untuk mendirikan tenda.

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY