Liburan Ke Kebumen Jangan Lupa Mengunjungi Benteng Van Der Wijck

0
110
foto: Very Barus

 

Selain terkenal dengan pantai-pantai indahnya, kota Kebumen juga memiliki satu objek wisata sejarah yang memiliki latar belakang sejarah yang cukup menarik. Nama objek wisata tersebut adalah benteng Van der Wijck. Dibangun pada abad ke XVIII oleh Belanda sebagai tembok pertahanan dan juga sebagai markas melakukan penyerangan.  Nama benteng ini diambil dari VAN DER WIJCK, seorang perwira tehnis tempur berkebangsaan Belanda.   Ksatria Kelas IV dan III  Nama tersebut terpampang jelas pada pintu sebelah kanan bangunan. Selain sebagai markas pertahanan Belanda, benteng itu digunakan Belanda  juga untuk pendidikan militer. Mantan Presiden Soeharto pun pernah latihan perang disini, saat masuk KNIL atau het Koninklijke Nederlands Indische Leger.

Benteng ini terletak di Kota Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Benteng ini memang tampak istimewa karena usianya sudah cukup renta. Dibangun pada tahun 1827.  Hal yang menarik dari bangunan ini adalah berbentuk segi delapan. Bahkan, antara satu pintu dan pintu lainnya saling berkesinambungan sehingga ketika kita melewati lorong-lorong bangunan seakan kita tidak menemukan titik akhir.

foto:Very Barus

Benteng ini memiliki tinggi 10 meter,  dan memiliki luas 7.168 meter persegi serta ketebalan bangunan 1,4  meter. Benteng ini dibangun dua lantai. Lantai pertama mempunyai empat pintu gerbang. Di dalamnya terdapat 16 ruangan besar dan 27 ruangan kecil. Juga ada 72 jendela dan delapan tangga untuk menuju lantai dua, yang memiliki 16 ruangan biasa dan 25 ruangan besar. Uniknya, meski lantai satu dan dua mempunyai keliling sama, bila berjalan mengelilingi lantai satu lebih lama 15 menit dibanding jika berjalan di lantai dua. Boleh percaya atau tidak, tapi saya sudah mencoba dan melakukannya saat mengunjungi benteng ini.

 

Tidak hanya mengulik kisah sejarah dari benteng ini, disini,  tempat ini juga disulap menjadi objek wisata keluarga. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari cerita-cerita mistis dari benteng ini. Ketika berada di kawasan ini, Anda bisa melihat berbagai sarana bermain seperti: Taman bermain untuk anak-anak, kolam renang dan ada kereta api mini. Anda dan anak-anak bisa menikmati keliling benteng menaiki kereta mini tua berwarna hitam.

Yang menariknya lagi dari benteng ini adalah, merupakan salah satu benteng bersegi delapan dari dua benteng yang ada di dunia. Salah satunya ada di Australia. Tentu Anda juga tidak ingin melewatkan objek wisata yang menarik ini bukan?

Very Barus

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here