Liburan Singkat Ke Telaga Situ Gede Bogor

0
43
foto:telusurindonesia.com

Yang namanya liburan tidak harus mengunjungi objek wisata yang jauh. Karena, tanpa kita sadari, banyak objek wisata yang jaraknya tidak memakan waktu yang lama untuk tiba disana. Oleh karena itu, liburan singkat Anda bisa dipergunakan untuk mengunjungi objek-objek wisata yang terdekat dari tempat tinggal Anda.

Salah satu objek wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta adalah Bogor. Kota hujan ini menyimpan banyak destinasi-destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Telaga Situ Gede, bogor.

Telaga Situ Gede ini berlokasi di tepi hutan Dramaga, yang merupakan sebuah hutan milik Badan Litbang Kehutanan yang dimanfaatkan sebagai tempat untuk observasi atau yang popular dengan  sebutan CIFOR (Centre for International Forestry Research) dan ICRAF (The World Agroforestry Centre). Telaga ini tepatnya berada di Kelurahan Situ Gedem.

Telaga Situ Gede ini juga telah resmi dinyatakan sebagai tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Banyak warga Bogor memilih menghabiskan liburan akhir pekan  mereka disini.  Situ Gede memiliki luas mencapai 6 hektar. Biasanya para pengunjung yang datang melakukan berbagai aktivitas, mulai dari memancing, jalan-jalan, jogging,trekking mengitari hutan dan naik sepeda air.

Lokasi ini juga sering dipakai untuk syuting film dan sinetron. Salah satunya film Heart yang dibintangi Acha Septriasa dan Irwansyah.

Jika hendak berkunjung kesini, Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi atau naik kendaraan umum. Dari pusat kota Bogor jaraknya hanya sekitar 10 km. Jika Anda datang dari luar kota dengan menumpangi bus, Anda bisa turun di terminal Bubulak. Dari terminal jarak Situ Gede hanya sekitar 3 km saja.  Tapi, seperti yang kita ketahui, kota Bogor terkenal dengan kemacetannya. Untuk mengantisipasi kemacetan, sebaiknya Anda datang kesini pagi hari disaat kemacetan belum melanda jalan raya.

foto:Very barus
foto:Very barus

Masuk Gratis
Asyiknya berkunjung kesini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Cukup membayar tiket parkir sekitar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk kendaraan roda empat. Anda juga harus memperhatikan jam beroperasi tempat ini. Meski tidak ada batas waktu untuk berkunjung, namun menjelang sore atau magrib, tempat ini sudah sepi pengunjung. Sebaiknya Anda juga harus mematuhi peraturan yang berlaku di tempat ini, seperti; tidak boleh melakukan tindakan yang dilarang norma-norma agama. Juga menjaga kebersihan.

 

Very Barus | TR

LEAVE A REPLY