Lima Pulau di Indonesia yang tak Kalah Cantiknya dengan Bali

0
39
pulau rote
Pantai Nemberala – nemberalabeachresort.com

Indonesia – dengan lebih dari 17000 pulau yang dimiliki, tentu bukan hal sulit untuk menemukan keindahan pulau-pulau lain di negeri ini. Selain cantiknya Pulau Dewata Bali yang sudah lebih dulu ‘mendunia,’ Anda juga masih punya daftar pulau lainnya yang bisa dikunjungi. Seperti lima pulau cantik berikut ini.

1. Nusa Lembongan

Nusa-lembongan
Nusa Lembongan – flickr.com/ shurav

Tak jauh dari Pulau Bali, ada Nusa lembongan yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Cukup butuh waktu 30 hingga 40 menit naik speedboat dari Pantai Sanur, Anda sudah tiba di Nusa Lembongan. Kondisi pulau terdiri atas tanjakan dan bertebing, menjadi ciri khas tersendiri saat berkunjung ke sini.

Jika sudah lelah berjalan-jalan menanjak, pengunjung bisa bersantai di cafe-cafe yang berada di ketinggian Nusa Lembongan. Ada banyak travel lokal yang menyediakan berbagai keperluan untuk memudahkan aktivitas wisatawan. Anda bisa melakukan snorkeling, diving, atau sekedar menyewa sepeda atau motor untuk menjelajah pulau ini.

2. Pulau Seram

ora beach resort
ora beach resort – mahligai

Meskipun bernama “seram,” akan tetapi pulau ini memiliki sejuta keindahan. Terletak di Provinsi Maluku, Anda akan mendapatkan banyak kesan setelah mengeksplor keindahan di pulau ini.Paling pas jika mengunjungi pulau ini bersama kekasih dalam rangka bulan madu. Anda bisa menginap di Ora Beach Resort untuk membangun momen romantis bersama. Pasalnya di sana terdapat kamar yang dibangun di atas air. Pilihlah kamar paling ujung, Anda pun akan bangun di pagi hari dengan pemandangan laut lepas yang tenang.

3. Pulau Rote

pulau rote
Pantai Nemberala – nemberalabeachresort.com

Pulau yang terletak paling selatan di wilayah Indonesia ini merupakan bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur. Anda bisa sampai di pulau ini menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Kupang dengan waktu tempuh dua jam.

Berkunjunglah ke Pantai Nemberala atau Pantai Bo’A untuk menikmati pemandangan laut yang berbatasan dengan benua Australia. Pemandangan matahari terbenam dari sini tentu akan menjadi hal yang tak terlupakan. Jangan lupa siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen ini.

4. Kepulauan Gili

kuda cidomo
Kuda Cidomo – wikimedia.org

Gili adalah gabungan dari tiga pulau yaitu, Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Masing-masing pulau memiliki karakteristik tersendiri. Menghindar sejenak dari kebisingan kota pulau ini terasa lebih tenang karena kendaraan bermotor tidak diizinkan oleh pemuka adat setempat.

Sebagai gantinya, Anda bisa menyewa sepeda atau kereta kuda cidomo untuk berkelliling menjelajah pulau. Kegiatan lain seperti melihat berbagai spesies burung dan penangkaran penyu juga bisa Anda lakukan di Gili Meno.

5. Pulau Ternate

danau tolire
Danau Tolire di Ternate – Foto : Fatoer Doang

Berdasarkan sejarah, pulau ini menjadi rebutan rebutan bangsa-bangsa Eropa karena menghasilkan cengkeh yang melimpah. Kini pulau ini pun bisa mengukirkan sejarah hidup untuk Anda yang berkunjung ke sini. Bila ingin menikmati keindahan negeri bak dongeng ini setidaknya perlu meluangkan waktu satu minggu untuk menjelajahi pesonanya. Itu pun terasa sangat singkat untuk mengeksplorasi secara keseluruhan, mulai dari menapak tilas sejarah, wisata kuliner, hingga menikmati keindahan alam negeri tersebut. .(*)

 

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY