Menelusuri Candi Jiwa dan Candi Blandongan di Karawang

0
1094

Siapa bilang Kabupaten Karawang hanya dikenal sebagai daerah penghasil beras saja? Jika Anda menelusuri Karawang, disana Anda akan menemukan banyak objek wisata yang cukup menarik.  Seperti pantai, danau, tanggul, air terjun dan sebagainya. Selain itu, di Karawang ternyata juga ada situs Batujaya alias Candi. Ada dua candi yang cukup terkenal disana yaitu, Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Lokasi kedua candi tersebut berada di daerah Rengas Dengklok, Batu Jaya, Karawang.

Secara administratif, Situs Batujaya terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakis jaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya ini diperkirakan sekitar 5 km2. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

foto: Very Barus

Situs ini benar-benar terletak di tengah-tengah daerah persawahan dan sebagian di dekat permukiman penduduk dan tidak berada jauh dari garis pantai utara Jawa Barat (pantai Ujung Karawang).

Batujaya kurang lebih terletak enam kilometer dari pesisir utara dan sekitar 500 meter di utara Ci Tarum. Keberadaan sungai ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keadaan situs sekarang karena tanah di daerah ini tidak pernah kering sepanjang tahun, baik pada musim kemarau atau pun pada musim hujan.

Lokasi percandian ini jika ditempuh menggunakan kendaraan sendiri dan datang dari Jakarta, dapat dicapai dengan mengambil jalan tol Cikampek. Keluar di gerbang tol Karawang Barat dan mengambil jurusan Rengasdengklok. Selanjutnya mengambil jalan ke arah Batujaya di suatu persimpangan.

Walaupun jika ditarik garis lurus hanya berjarak sekitar 50km dari Jakarta, waktu tempuh dapat mencapai tiga jam karena kondisi jalan yang ada. Suasana di sekitar candi cukup sepi.

 

Candi Blandongan

foto: kebudayaan indonesia

Tidak jauh dari lokasi Candi Jiwa, disana juga terdapat satu peninggalan pra sejarah lainnya yaitu candi Blandongan. Candi ini merupakan peninggalan jama Sriwijaya dan Tarumanegara. jika dilihat dari bentuknya, Candi Blandongan jauh lebih besar dan luas jika dibandingkan dengan Candi Jiwa. Candi Blandongan lebih terlihat bagus dan terawat.

Menurut cerita, di dalam Candi Blandongan ditemukan banyak benda-benda bersejarah. Diantaranya Amulet dan Gerabah Buni Amulet merupakan Jimat. Amulet tersebut memuat tulisan  zaman Sebelum Masehi (SM). Sekaligus menggambarkan cerita tentang Sarasvati, yaitu ketika Budha mendapat ilham mengenai masalah kedunia.

Very Barus | TR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here