Menelusuri Pegunungan Kars Ramang-Ramang di Kabupaten Maros, Makassar

0
499
Foto: Very Barus

Tidak perlu jauh-jauh datang ke Halong Bay, Vietnam, atau mengunjungi Yunnan hanya sekedar ingin melihat seperti apa pegunungan kars itu. Karena, di kota Makassar, Anda bisa melihat dari dekat, seperti apa wujud dari batu kars tersebut. Tepatnya di Kabupaten Maros.

Anda bisa melihat pegunungan Kars atau gugusan tebing Cadas yang terbentuk oleh erosi bawah tanah batuan seperti Batu Kapur dan Marmer yang larut dalam air. Selain itu, kawasan ini juga dikenal sebagai Hutan Batu terbesar dan terindah kedua di Dunia setelah Karst di Yunnan, Cina Selatan, Cina.

Pegunungan Kars Maros sudah ada dan terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu. Kawasan ini memiliki luas sekitar kurang lebih 40 ribu hektar. Batu-batu yang terbentuk disini cukup unik, ada yang mirip menara, benteng dan juga berbentuk kerucut yang menjulang tinggi dengan berbagai macam bentuk.

foto: Very Barus
foto: Very Barus

Ramang-Ramang diambil dari bahasa Makassar yang memiliki arti sekumpulan awan atau kabut. Disebut berkabut, karena hampir setiap pagi kawasan Ramang-Ramang ini ditutupi kabut sehingga terlihat seperti ramang-ramang. Sampai akhirnya, nama Ramang-Ramang di tasbihkan untuk tempat ini.

Yang menarik dari tempat ini adalah gugusan pegunungan kars yang mengelilingi wilayah ini. Selain itu, ditengah-tengah kawasan ini, ada aliran sungai yang menjadi sarana lalu lintas para warga setempat. Anda juga bisa naik perahu kecil untuk menikmati keindahan kawasan Ramang-Ramang ini.

Objek wisata

Selain Ramang-Ramang, Maros juga memiliki objek wisata lain yang tidak kalah menariknya, seperti: Telaga Bidadari, Taman Hutan Batu Kapur, Gua Telapak Tangan, Gua Bulu Karaka, Sungai Pute, Telaga Bidadari, dan Kampung Berua. Anda tinggal memilih objek wisata mana yang ingin Anda kunjungi. Atau, jika memiliki waktu yang panjang, Anda bisa mengunjungi semua lokasi tersebut bukan?

foto: Very Barus
foto: Very Barus

Panduan:

  1. Jika Anda ingin berwisata kesini, sebaiknya Anda harus memperhatikan cuaca. Sebaiknya hindari musim hujan. Karena Anda tidak bisa lulasa menjelajahi kawasan ini. Apalagi kawasan ini bebatuan. Tentu akan sangat licin dan berbahaya. Sebaiknya datang pada musim panas atau kemarau. Karena, selain cerahnya sinar matahari akan menambah keindahan kawasan tersebut.
  2. Jangan lupa membawa kacamata, topi dan juga sun protection. Panas matahari akan membuat kulit Anda terbakar.
  3. Sebaiknya Anda memulai perjalanan Anda pagi hari. Karena, begitu banyak tempat yang akan Anda eksplore selama berada disini. Sayang jika Anda hanya mengunjungi satu tempat saja.
  4. Bekal minuman dan cemilan wajib dibawa. Karena, lokasi yang outdoor dan juga jauh dari keramaian akan sulit mencari kudapan.
  5. Bawa uang tunaik. Mungkin Anda ingin mengitari Ramang-Ramang sambil naik perahu. Biayanya sekitaran Rp. 200 ribu/ perahu.
  6. Jangan lupa perlengkapan kamera dan baterai juga dipersiapkan. Karena sangat disayangkan jika tidak mengabadikannya lewat kamera.

Selamat mengeksplore Ramang-Ramang dan objek wisata lainnya. Tetap jaga kebersihan lokasi tersebut dengan membuang sampah pada tempatnya. Keep the place clean!

Very Barus | TR

LEAVE A REPLY