Menguak Mitos Gua Sunyaragi di Cirebon

0
640
foto: Very Barus

Terletak di Cirebon,  Gua Sunyaragi atau juga dikenal dengan sebutan Taman Sari Gua Sunyaragi. Teriknya matahari tidak mengurungkan niat saja mengunjungi tempat tersebut. Tempat wisata peninggalan sejarah ini berada di sisi jalan By Pass Brigjen Darsono.

Dari jalan besar komplek ini sudah terlihat dengan jelas. Taman ini terlihat megah dan terawat dengan baik setelah dikelolah oleh Sultan Sepuh Kasepuhan XIV, PRA Arief Natadiningrat.

foto: Very Barus
foto: Very Barus

Aasal usul Taman Sari Gua Sunyaragi yang mirip candi tersebut berasal dari dua kata, yakni sunya yang memiliki makna sepi/sunyi dan ragi yang berarti raga. Kedua penggabungan kata itu berasal dari sansekerta. Adapun tujuan didirikannya gua tersebut sebagai tempat beristirahat dan meditasi Sultan Cirebon dan keluarganya.

Taman Sari Gua Sunyaragi berdiri di atas lahan seluas 15 hektare, cagar budaya yang satu ini, baik dari konstruksi maupun komposisinya merupakan sebuah taman air. Disebut taman air, karena zaman dahulu kompleks gua itu dikelilingi danau jati yang kini sudah mengering. Taman Sari Gua Sunyaragi ini merupakan salah satu bagian dari Keraton Kasepuhan.

foto:Very Barus
foto:Very Barus

Taman Sari Gua Sunyaragi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian pesanggrahan yang dilengkapi dengan berbagai ruangan, yaitu serambi, ruang ibadah, kamar mandi, kamar rias, ruang tidur dan dikelilingi oleh taman serta kolam. Sedangkan untuk bangunan gua berbentuk gunung-gunungan yang dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan memiliki saluran air.

Pada bagian luar bangunan, terlihat motif batu karang dan awan. Lalu pada bagian pintu gerbang luarnya berbentuk candi bentar sedangkan pintu bagian dalamnya berbentuk paduraksa.

Konon katanya, gua ini sangat kental akan mitos-mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Mitos yang paling kencang terdengar adalah jika Anda ingin enteng jodoh, Anda bisa masuk ke dalam gua Kelanggengan yang masih berada di komplek gua tersebut. Bahkan, jika Anda sudah memiliki jodoh, jodoh Anda akan semakin dikuatkan hingga ke pelaminan.

DSCF0182
foto: Very Barus

Tapi, di salah satu gua yang ada di komplek ini juga, Anda bisa kena “kutuk” susah jodoh. Konon katanya, jika Anda memegang batu yang ada di persis di depan pintu masuk gua Peteng, maka Anda akan mengalami kesulitan meneukan jodoh. Tapi, itu semua hanya mitos. Anda boleh percaya atau tidak.

Sebelumnya, pada jaman dahulu, komplek Gua Sunyaragi ini merupakan tempat pertapaan sekaligus tempat penggemblengan tentara kesultanan Cirebon. Gua Sunyaragi dibangun selama tiga periode, dan diprakarsai oleh Pangeran Emas Zaenul Arifin atau Panembahan Ratu Pertama di awal abad ke-18. Kini, Gua Sunyaragi menjadi salah satu objek wisata sejarah yang banyak dikunjungi para turis lokal dan manca negara yang ingin mengetahui sejarah kota Cirebon.

Very Barus | TR

LEAVE A REPLY