Menikmati Keindahan Air Terjun Sipiso-Piso, Tanah Karo

0
223
Foto: Very Barus

Air Terjun Sipiso-piso merupakan sebuah kawasan wisata alam yang terletak tidak jauh dari permukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Penduduknya ramah dan masih tidak terkontaminasi dengan modernisasi. Udaranya juga sangat sejuk bahkan tergolong dingin. Jadi, mengunjungi desa ini tidak berbeda dengan berwisata ke Air Terjun Sipiso-piso.

Secara geografis, Desa Tongging berada di dataran lebih rendah, sementara Air Terjun Sipiso-piso terletak di perbukitan yang lebih tinggi dari Desa Tongging. Air terjun ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus.

foto: Very Barus
foto: Very Barus

Nama air terjun yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karo ini memiliki arti tersendiri. Sipiso-piso berasal dari kata piso yang artinya pisau. Derasnya air-air yang berjatuhan dari bukit berketinggian di atas seratus meter ini diperumpamakan layaknya berbilah-bilah pisau yang tajam. Selain itu, jurang yang curam jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya piso dari Tanah Karo

Dari kota Medan,  membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Akses menuju lokasi memang tidak begitu sulit, Hanya saja, banyak kendaraan umum (bus) yang melaju dengan kecepatan tinggi. Sementara di kanan kiri jalan terbentang jurang yang cukup dalam. Ditambah lagi jalan menuju kota Brastasi banyak yang berliku-liku. Untuk itu, diperlukan kewaspadaan saat mengendarai agar selamat sampai tujuan.

foto: Very Barus
foto: Very Barus

Memasuki daerah Brastagi, udara sejuk langsung mulai terasa. Sebagai gambaran, kota Brastagi mirip dengan kawasan Puncak Bogor. Sebaiknya, Anda menyiapkan baju hangat atau jaket agar Anda tidak kedinginan.

Setibanya di lokasi, sebelum masuk ke kawasan wisata Air Terjun Sipiso-Piso, Anda wajib membayar retribusi sebesar Rp. 7500. untuk biaya parkir mobil dikenakan Rp.5000. Setelah itu, Anda bebas Dengan mengunjungi Desa Tongging, Anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah lainnya seperti kawasan wisata di Desa Tao Silalahi yang berada tidak jauh dari lokasi.

Anda juga bisa menikmati pemandangan indah Tanah Karo dari gardu pandang yang ada di puncak bukit, titik pangkal aliran air terjun Sipiso-piso. Dari puncak bukit yang mengitari Air Terjun Sipiso-piso ini pula Anda dapat menyaksikan keindahan Danau Toba, sebuah danau vulkanik terbesar di dunia.

foto: Very Barus
foto: Very Barus

Jika ingin merasakan gemericik air terjun, Anda harus menuruni anak tangga hingga ke dasar air terjun. Sesampainya di bawah, Anda dapat memandang ke arah bukit-bukit kecil yang ada di hadapan Anda.

Ketakjuban Anda akan tingginya bukit-bukit tersebut akan dibarengi dengan suara gemuruh percikan ribuan butiran air yang memantul dari titik jatuhnya air. Karena air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter atau sekitar 360 kaki sebelum mengalir ke Danau Toba. Hanya saja, dinginnya air membuat tubuh Anda menggigil. Jika ingin berendam di bawah air terjun, jangan luba membawa baju ganti ya.

Selain menikmati pemandangan, satu hal yang patut di jaga dari tempat ini adalah kebersihan. Masih banyak pengunjung domestik yang tingkat kesadarannya untuk membuang sampah pada tempatnya sangat rendah. Sehingga, banyak sampah dimana-mana.

 

Very Barus | TR

LEAVE A REPLY