Serunya Bertualang Mengeksplorasi 5 Gua di Pulau Buton

0
258
cerita arsali

BERPETUALANG seru tidak harus selalu ke hutan atau ke pantai. Tapi Anda juga bisa melakukan petualangan dengan eksplorasi lima gua yang terdapat di Pulau Buton Sulawesi Tenggara. Di Pulau ini keberadaan gua-guanya cukup memesona. Apalagi Pulau Buton terkenal dengan sebutan pulau 1000 gua karena banyak sekali gua-gua yang ada di pulau ini. Penasaran? Berikut lima gua yang wajib Anda kunjungi saat liburan tiba.

Gua Koo

http://1.bp.blogspot.com/
http://1.bp.blogspot.com/

Gua dengan kolam air yang bening seperti kaca ini terletak di Desa Lantongau, Mawasangka Tengah, Sulawesi Tenggara. Kedalaman gua ini sampai 30 meter jadi sebaiknya berhati-hati buat yang tidak terlalu pandai berenang. Sebaiknya jika ingin berkunjung ke gua ini di pagi hari, sebab kalau sudah beranjak siang sinar matahari berada membelakangi mulut gua, sehingga airnya menjadi gelap dan kurang berwarna biru.

Gua Maobu

cerita arsali
cerita arsali

Di dalam gua ini ada kolam air seluas 50 meter dengan air yang sangat menyegarkan. Lokasinya ada di Desa Lalibo, Mawasangka Tengah. Penduduk setempat menganggap kalau kedalaman gua ini tembus sampai ke laut. Tapi sampai saat ini belum pernah ada penyelam yang membuktikan mitos tersebut.

Gua Lakasa

 lihat.co.id
lihat.co.id

Gua ini pertama kali ditemukan oleh seorang kakek yang bernama La Kasa. Sejak itulah dinamakan Gua Lakasa. Bila dibandingkan dengan gua yang lainnya, di Gua Lakasa memiliki stalaktit dan stalagmit. Kedalaman gua mencapai 58 meter. Adapun lokasi Gua Lakasa sekitar 10 kilometer dari pusat kota Baubau, Betoambari.

Gua Lanto

http://4.bp.blogspot.com
http://4.bp.blogspot.com

Buat yang suka berenang dan bertualang, Gua Lanto tempat yang sangat menantang. Kedalaman air di tempat ini sekitar 12 meter dengan luas gua sekitar 100 meter. Hanya saja kalau mau menyelam di Gua Lanto sebaiknya yang sudah profesional.

Sebab di bawah air ada banyak celah atau lubang yang membingungkan dan bisa bikin orang tersesat. Untuk menemukan lokasi Gua Lanto sangat mudah. Hanya 10 meter dari jalan raya, dan terletak tepat di bawah pekarangan rumah penduduk, di Kelurahan Kadolomoko, Kokalukuna.

Gua Loba-loba

greatbuton.blogspot.com
greatbuton.blogspot.com

Nah, kalau gua yang ini adanya di bawah laut. Jadi kalau mau ke sini perlu menyelam hingga kedalaman 27 meter. Lokasinya ada di Desa One Waara, Lakudo. Pemandangan di sekeliling gua berisi terumbu karang dan biota laut yang sangat memesona. Untuk berkunjung ke tempat ini dibutuhkan waktu 10-15 menit dari Kota Baubau menggunakan perahu.

ALI IMRON H | TR

LEAVE A REPLY