Surga itu Bernama Nusa Lembongan

0
226
Foto: Dokumentasi Lembongan Beach Club & Resort

Pantai Jungut Batu, Nusa Lembongan sore hari, seharusnya menjadi sebuah pemandangan yang romantis. Angin bertiup sepoi-sepoi, bersanding cantik dengan langit bernuansa jingga. Tak ketinggalan, pantainya yang cenderung kalem tanpa ombak.

Sayang, pada satu hari di pertengahan Desember lalu, hujan seperti ingin membilas cuaca panas yang biasa memancar di Lembongan. Rintikan yang tidak bisa dibilang halus itu membuai semua raga. Tak ada sunset. Tapi sungguh, Nusa Lembongan tak kehilangan pesona cantiknya.

Para pencinta pantai mungkin hafal beragam pantai yang terdapat di Bali. Mulai dari pantai berpasir putih maupun hitam. Atau mulai dari airnya yang tenang hingga kaya akan ombak. Ya, Bali memang surganya pantai.

Nah, bila Anda menginginkan sebuah pengalaman berbeda dalam menikmati pantai di Bali, rasanya, Anda harus mengunjungi Nusa Lembongan. Pantainya yang terbilang masih ‘perawan’, memiliki sebuah pesona tersendiri. Tak hanya pantai, beragam spot menawarkan sensasi yang layak menjadi sebuah memori indah.

Hingga 40 Derajat Celcius

Nusa Lembongan sendiri merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara pulau para dewa itu, termasuk dalam Kabupaten Klungkungan, Provinsi Bali. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Pantai Sanur menuju Nusa Lembongan dengan menggunakan speedboat.

Atau satu jam lebih bila Anda memilih menggunakan public boat. Ada banyak jasa yang menawarkan penyeberangan menuju Nusa Lembongan dengan biaya sekitar puluhan hingga ratusan ribu rupiah per orang. Anda tinggal duduk manis hingga tiba di Pantai Jungkut Batu, yang merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal pengangkut para penyeberang.

Yang perlu diperhatikan adalah biasanya kapal-kapal itu berangkat pada pagi hari. Jadi apabila Anda berniat untuk menyeberang menuju ke Pulau Nusa Lembongan, sebaiknya jadwalkan keberangatan pada pagi hari. Jangan lupa membeli tiket pulang, untuk menghindari kehabisan tempat duduk.

Saat tiba di Pantai Jungkut Batu, tidak perlu kaget melihat deretan kapal menjadi pemandangan utama. Pantai ini memang tempatnya kapal-kapal menurunkan dan menaikkan penumpang. Meskipun dipenuhi kapal, Pantai Jungkut Batu masih terbilang cantik dengan pasir putih dan airnya yang begitu jernih. Ditambah deretan resor yang siap menjadi tujuan Anda menginap selama mengeksplor Nusa Lembongan.

Dan, bila Anda mengunjungi Nusa Lembongan pada Bulan Desember, hujan akan kerap mengguyur pulau ini pada sore hari. Namun, jangan tanyakan bagaimana teriknya matahari pada siang hari. Karena temperaturnya bisa mencapai 40 derajat celcius!

Jadi, jangan lupakan pelindung kepala, kacamata hitam, air putih agar tidak dehidrasi dan yang pasti, sun block, sebagai ‘teman’ perjalanan.

Nusa Lembongan termasuk pulau kecil dengan luas hanya sekitar 3 ha. Dua pulau lainnya yang berdekatan dengan Nusa Lembongan adalah Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Diantara ketiga pulau ini, Nusa Lembonganlah yang memiliki penduduk lebih padat serta fasilitas yang lebih mumpuni.

Menyusuri Nusa Lembongan bisa dilakukan dengan menggunakan mobil, motor, maupun sepeda. Jalannya sudah cenderung bagus karena sudah diaspal. Ada banyak jasa penyewaan motor yang bisa Anda jumpai, dengan harga tidak sampai 100 ribu, Anda bisa menggunakan motor selama seharian.

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di pulau yang sebagian besar penduduknya adalah petani rumput laut ini adalah Mangrove Tour. Menyusuri hutan Mangrove dengan mengunakan sampan yang didorong dengan tongkat panjang dari bambu atau pun kayu. Satu sampan biasanya berisi maksimal enam orang, termasuk si pengayuh sampan.

Anda dapat melihat rumput laut dan ikan-ikan kecil yang berenang-renang di dalamnya. Seraya menikmati pemandangan hutan bakau, Anda akan menjumpai deretan sampan yang digunakan petani rumput laut untuk mengangkut hasil panennya.

Selain menyusuri hutan Mangrove, mengunjungi rumah bawah tanah, seolah menjadi suatu kewajiban yang tak boleh terlewatkan. Sesuai dengan namanya, rumah bawah tanah (underground house) atau yang lebih dikenal dengan Goa Gala Gala, memiliki kedalaman 7 meter.

Foto: Dokumentasi Lembongan Beach Club & Resort
Foto: Dokumentasi Lembongan Beach Club & Resort

 

Yang menjadi favorit juga kala mengunjungi Nusa Lembong–an adalah keindahan pemandangan bawah lautnya yang memukau. Nusa Lembongan disebut-sebut sebagai surganya para penyelam. Bagi mereka, pemandangan terumbu karang di sekitar pulau ini begitu indah. Tersedia juga berbagai penyewaan perlengkapan dan peralatan untuk melakukan kegiatan snorkelingatau pun diving.

Teks : Theresia Triomegani
Foto : Dokumentasi Lembongan Beach Club & Resort

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here