Menerawang Sensasi Langkah Kaki di Lampung

0
39

Ruwa Jurai? Ruwa Jurai jadi sebutan lain dari provinsi Lampung. Kota ini memang jadi pilihan para pelancong Negeri Nusantara ini. Seberapa serunya?

Ruwa Jurai terdiri dari dua kata, ruwa dan jurai. Kata-kata ini terdapat pada lambang provinsi Lampung.

Wikipedia menyebutkan Sang Bumi Ruwai Jurai yang berarti rumah tangga yang agung bahagia dua golongan masyarakat (ruwai dan jurai) yang terdapat pada masyarakat asli dan pandatang.

Terletak di ujung selatan pulau Sumatera, Lampung memiliki posisi yang sangat strategis, berada di pintu gerbang utama Pulau Sumatera.

Ada beberapa tempat wisata yang patut disambangi di provinsi ini, beberapa diantaranya bisa menjadi referensi saat mengunjungi Lampung.

Di Bandar lampung misalnya. kita bisa mengunjugi Taman Bumi Kedaton di sebelah barat Bandar Lampung dengan jarak tempuh 15 menit.

Disini mata bisa menikmati gemericik sungai dan koleksi aneka satwa, juga atraksi gajah, arena bermain, bahkan rumah adat Lampung.

Menjauh sedikit, sekitar 5km dari pusat kota, akan ditemukan tempat serupa bernama Lembah Hijau di daerah Tanjung Karang Barat, dimana kita akan terdapat onta, rusa totol, juga kanguru tanah sebagai koleksi.

 

Lampung Selatan     
Bila masuk  jalan darat, sebelum menginjakkan kaki di Lampung kita akan melihat Menara Siger yang dibangun diatas bukit, dekat pelabuhan Bakauheni, sebagai pintu gerbang pulau Sumatera. Kini menara ini bertambah fungsi, yaitu sebagai petunjuk bagi para nakhoda kapal.

Wisata menarik lain yaitu menyaksikan panorama cantik aktifitas anak krakatau di sore hari dari kepulauan krakatau, selain kegiatan lain seperti menyelam.

Beberapa tempat wisata lain di wilayah ini adalah pulau Sebesi dan Sebuku, pantai Pasir Putih, pantai Wartawan, serta teluk Lampung.

 

Lampung Timur

Disinilah lokasi Taman Nasional Way Kambas yang terkenal itu, kurang lebih 2 jam dari Bandar Lampung.

Selain pusat konservasi gajah, di komplek ini juga terdapat Resort Way Kanan dengan satwa liar berkeliaran di jalan raya.

 

Lampung Barat

Salah satu wisata andalan di Lampung adalah pantai Tanjung Setia yang terletak di Krui, selain memiliki pemandangan indah, pantai ini juga ideal untuk surfing dengan ketinggian ombak bisa mencapai 2-4m.

Wisata air lainnya adalah Danau Ranau, danau terbesar kedua di Sumatera, terletak di desa Lumbok, Sukau.

Beberapa tempat wisata lain seperti pantai Mutun di Padang Cermin, air terjun Curup Gangsa di Way Kanan, goa Bunda Maria di Pringsewu, serta Taman Nasional Bukit Barisan yang membentang hingga Bengkulu, merupakan tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi.

Dan yang tak boleh ketinggalan tentu saja penganan khas Lampung seperti pindang ikan yang dimakan bersama tempoyak, sambal khas Lampung yang dibuat dari durian, wisata kuliner malam hari yang eksotis di lapangan stadion Saburai, serta jajanan khas Lampung yaitu keripik pisang dan aneka keripik lainnya.

 

 

 

 

 

Tim Mahligai-Indonesia
Foto. Dinas Pariwisata Lampung, Andri Cipto Utomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here