Yuk, Mengenal Tarian Tradisional Indonesia yang Sudah mendunia

0
522
foto: Brilio.com

Tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, Indonesia juga di sorot dunia dengan keragaman seni budayanya. Salah satunya adalah seni tari tradisionalnya. Bahkan beberapa tarian daerah di Indonesia pun sudah berwara-wiri di manca negara. Seperti tari Saman yang berasal dari Aceh dan tari Topeng dari Jawa Barat ada di  dalam video klip  Amazing Day-nya grup band asal Inggris, Coldplay. Mengagumkan, bukan?

Berikut beberapa tarian daerah yang namanya sudah mendunia adalah:

  1. Tari Saman
    Belakangan ini Tari Saman menjadi viral di sosial media gara-gara ada di dalam video klip grup band Coldplay. Kita jelas ikut bangga  karena tarian daerah asal Aceh ini sering muncul setiap kali video klip lagu Amazing Day ditayangkan di tv.
    Tari Saman merupakan sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan bahasa Gayo. Selain itu, tari Saman juga sering ditampilkan untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tarian ini memiliki makna yang sangat dalam karena dalam tarian tersebut mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Lihatlah tari Saman, kalau tidak ada kekompakan akan sulit melihat keindahannya.
  1. Tari Reog Ponorogo
foto:brilio.com
foto:brilio.com

Tarian ini smepat juga menjadi heboh gara-gara negara tetangga sempat hendak mengklaim kalau tarian ini berasal dari negara tetangga. Padahal, seluruh rakyat Indonesia tahu kalau Tari Reog merupakan warisan budaya Indonesia, berasal dari Ponorogo.

Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa timur, tepatnya Kota Ponorogo. Dalam acara dan hari-hari besar, seperti, kawinan, khitanan dan acara nasional biasanya tarian ini selalu ditampilkan. Tari Reog Ponorogo terdiri dari beberapa rangkaian 2 sampai 3 tarian pembukaan. Tarian pertama biasanya dibawakan oleh 6 sampai 8 pria gagah berani dengan pakaian serba hitam, dengan muka dipoles warna merah. Para penari ini menggambarkan sosok singa yang pemberani.

3. Tari Kecak.

foto:Brilio.com
foto:Brilio.com

Siapa yang tidak kenal Bali? Setiap kali pergi ke Bali, Anda pasti sering juga melihat tarian Kecak. Karena tarian ini berasal dari Pulau Dewata. Biasanya, tarian ini sering dilakukan oleh banyak penari laki-laki yang duduk berbaris dan bersila secara melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan ‘cak’ sambil mengangkat kedua lengan.

Tarian ini biasanya mengiringi cerita Ramayana yang menjadi cerita utama. Jika kamu sedang berada di Uluwatu, biasanya menjelang sore, tarian pertunjukkan tari kecak dimulai. Untuk bisa menyaksikan tari Kecak, kamu harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 100.000,-

  1. Tari Barong
foto:Brilio.com
foto:Brilio.com

Selain tari Kecak, salah satu tarian yang juga terkenal dari Pulau Dewata adalah Tari Barong.  Tarian ini memiliki filosifi hidup yaitu melakukan kebajikan. Biasanya, para penari mengenakan kostum binatang berkaki empat, sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya.

Pentas Tari Barong dapat kamu saksikan di wilayah Batubulan. Gianyar. Pertunjukan tarian Barong Bali biasanya akan dimulai pada pukul 09:30 pagi setiap harinya. Dengan biaya sekitar Rp 100.000 per orangnya.

Very Barus | TR

LEAVE A REPLY