Yuk, Weekend Ini ke Pangalengan Bandung! Ini Rekomendasinya

0
155
/pamor-adventure.com

BANDUNG punya banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik dan menawan. Kota yang bersuhu sejuk ini menawarkan pesona alam yang romantis dan syahdu. Tak hanya itu, beragam aktivitas bisa Anda nikmati saat berlibur bersama keluarga ke Bandung.

Salah satu daerah yang punya pesona wisata alam yang indah adalah kawasan Pengalengan yang berada di Bandung Selatan. Di kawasan ini kalian bisa melihat berbagai suasana pertanian, perkebunan dan peternakan. Anda juga bisa menikmati pemandian air panas di Pengalengan Bandung.

Jika liburan ini kalian berencana ingin ke Pengalengan, berikut 7 rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bareng dengan keluarga.

1. Pemandian Air Panas Cibolang
Kawasan pemandian air panas di Cibolang yang berada di Desa Wayang Windu ini, punya pemandangan yang sangat keren. Dengan mata air yang bersumber dari Gunung Windu ini sangat ramai dikunjungi di akhir pekan. Air panasnya mengandung belerang serta mineral yang bisa menyehatkan kulit. Bahkan penyakit rematik pun bisa disembuhkan kalau Anda berendam air panas di sana.

Selagi berendam, Anda bisa menikmati suasana perkebunan teh Malabar di Pangalengan. Selain itu, udara yang sejuk cukup membuat pikiran menjadi rileks dan tenang. Kawasan pemandian ini berada pada ketinggian 1.450 meter di atas permukaan laut,.

2. Perkebunan Teh Malabar
Tak jauh dari tempat pemandian air panas, Anda juga bisa melihat perkebunan teh Malabar. Kawasan perkebunan ini cukup luas sekitar 2000 hektar. Hampir setiap harinya ada aktivitas memetik daun pucuk teh yang dilakukan oleh para pekerja kebunt teh.

Tempat ini cocok banget untuk berburu sunrise. Jadi, kalau mau main ke sini, datanglah pagi-pagi! Selain Perkebunan Teh Malabar, Anda juga bisa mengunjungi perkebunan teh lain di Pangalengan, seperti Perkebunan Teh Purbasari, Perkebunan Teh Pasir Junghun, Perkebunan Teh Pasirmalang, Perkebunan Teh Cukulm, dan lain-lain.

3. Curug Pangaten
Jika Anda ingin ke kawasan air terjun, di Pengalengan juga punya tempat air terjun yang disebut Curug Panganten. Curug ini memiliki dua aliran air terjun yang saling berdampingan layaknya sepasang pengantin di pelaminan. Curug Panganten juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah soalnya berada di balik rimbunnya hutan tropis hijau yang berlumut. Air sungainya juga sangat bersih dan jernih, sehingga bikin udara di sekitarnya segar. Selain Curug Penganten, ada beberapa curug yang bisa Anda kunjungi yaitu Curug Malabar, Curug Cisadawindu, Curug Ciruntah, Curug Plengan, Curug Sanghiang, Curug Cikakapa, Curug Cibaliung, Curug Patra, dan Curug Cihideung.

4. Situ Cileunca
Kawasan danau di Pengalengan ini berada di Desa Pulosari. Letaknya ada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut. Sedangkan luasnya mencapai 180 hektar, dan dikelilingi oleh Perkebunan Teh Malabar. Di zaman penjajahan kompeni, Situ Cileunca menjadi sumber listrik warga Bandung, serta sumber air bersih dengan kapasitas air 9,89 juga meter kubik. Suasana di sekitar situ sangat sejuk dan segar.

5. Sungai Palayangan
Bila Anda hobi rafting, bisa menyalurkan hobi tersebut ke Sungai Pangalayang. Aliran sungai yang berasal dari Situ Cileunca dan berakhir di Hutan Pinus Rahong cukup menantang adrenalin. Sungai yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam, sehingga cocok untuk pemula maupun yang sudah expert. Bukan hanya asyik untuk main rafting, tapi Sungai Palayangan juga asyik untuk menikmati suasana, soalnya sungai ini dikelilingi oleh hutan pinus, perkebunan teh, dan kebun sayuran.

6. Gunung Puntang
Gunung Puntang memiliki ketinggian 2.223 meter di atas permukaan laut, sedangkan kawasan bumi perkemahannya berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Sehingga, udaranya sangat segar. Pemandangan di sekitarnya juga sangat indah dan asri. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Gunung Puntang, seperti berkemah, trekking, atau bersepeda. Menariknya, di sana terdapat Air Terjun Siliwangi yang menambah daya tarik Gunung Puntang, juga ada kolam cinta yang berbentuk lambang hati (love). Sayangnya, kolam itu sudah tidak terawat lagi.

7. Kampung Cai Ranca Upas
Kampung Cai Ranca Upas berada di jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah. Kampung Cai Ranca Upas memiliki luas sekitar 215 hektar dan dikelilingi hutan lindung dengan aneka tanaman, seperti Pohon Huru, Jamuju, Pohon Kurai, Kihujan, Kitambang, Hamirug, Puspa, dan Pasang. Sedangkan, fauna-fauna yang ada di sana adalah beragam jenis burung dan jenis satwa lainnya. Di Kampung Cai Ranca Upas juga ada penangkaran rusa.

ALI IMRON H

LEAVE A REPLY