Warga Tangerang Sambut Ramadhan dengan Ritual Keramas Bersama

0
24
Keramas bersama

ADA pemandangan berbeda yang terlihat di kawasan pinggiran Sungai Cisadane Tangerang pada Senin (14/05) lalu. Kerumunan warga dengan beragam latar belakang usia tampak memadati kawasan pinggiran Sungai Cisadane dari Jalan Perintis Kemerdekaan ke arah Kampung Bekelir hingga menuju kawasan wisata Pasar lama.

Warga yang diketahui merupakan warga asli Kampung Babakan, Sukasari, Tangerang tersebut ternyata tengah menjalankan ritual keramas bersama. Mereka melakukan tradisi turun-menurun ini  dalam rangka menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.

Berbekal gayung dan shampoo warga Kampung Babakan yang tinggal tak jauh dari Sungai Cisadane ini tampak mengambil air sungai untuk mencuci rambut mereka. Bahkan tak sedikit pula yang memilih untuk berenang di Sungai terbesar di Tanah Pasundan ini. Warga setempat percaya bahwa ritual keramas bersama jelang bulan Ramadhan ini dapat mendatangkan keberkahan.

keramas bersama

Haji Abu, Lurah Kelurahan Babakan dilansir dari AboutTNG menjelaskan, kebiasaan keramas ini awalnya dilakukan oleh warga setempat dengan menggunakan merang, yakni benih padi dari hasil panen yang dibakar lalu abunya dibiarkan semalam untuk kemudian dijadikan bahan alami perawatan rambut. Namun, karena merang kini sulit didapat, maka diganti dengan sampo.

“Ada pesan moral yang disampaikan kepada warga. Pesan itu sebagai pengingat agar warga dapat mempersiapkan diri, termasuk membersihkan diri, menjelang bulan Ramadan yang akan tiba sebentar lagi,” kata Haji Abu.

Meskipun ritual ini termasuk salah satu kerarifan lokal Tangerang, namun tak sedikit pula warganet yang mengkritisi tradisi keramas bersama di Sungai Cisadane tersebut. Hal itu terlihat dari komentar yang diutarakan saat peristiwa ini dibagikan melalui akun komunitas @aboutTNG. Beberapa warganet mengomentari penggunaan shampoo dari tradisi keramas  yang bisa mencemarkan Sungai Cisadane. “Bahan kimia dari shampo bisa mencemarkan air di cisadane -__-,” tulis akun @chairunisa05.

 

Teks. Intan Widiastuti
Foto. Instagram | kevinz48

 

 

LEAVE A REPLY