10 Bakmi Jawa Yogya yang Rasanya Jawara !

0
725
www.enjoyindonesiaku.com

KOTA Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan gudegnya. Kota ini juga memiliki bakmi Jawa yang enak dan lezat. Cara memasaknya pun menggunakan anglo atau kompor arang sehingga mengeluarkan aroma yang khas.

Jadi bila Anda sedang merencanakan untuk liburan ke Yogya tidak ada salahnya jika menyempatkan diri untuk mampir menikmati menu sajian bakmi Jawa yang dijamin menggoyang lidah.

Berikut 10 rekomendasi bakmi Jawa yang bikin Anda ketagihan.

1. Bakmi Pak Pele

http://santapjogja.com
http://santapjogja.com

Letaknya di Alun alun Utara di depan SD Keputran, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton Yogyakarta. Anda bisa mengajak pasanganmu sambil menikmati suasana kota yang romantis. Ada beberapa menu bakmi yang bisa Anda cicipi seperti Bakmi Goreng, Bakmi Godog (rebus), Bakmi Nyemek (yang kuahnya lebih sedikit dari Bakmi Godog), Nasi Goreng, dan Magelangan (nasi goreng dicampur bakmi).

Kelezatan menu bakmi ini sudah terkenal dimana-mana. Bakminya dimasak dengan potongan daging ayam kampung, telur, dan irisan kol. Rasa gurih dari kaldu ayam yang digunakan bikin citarasa bakmi Pak Pele makin sedap. Yang spesial dari bakmi Pak Pele adalah menggunakan telur bebek sehingga semakin gurih. Harga per porsinya adalah Rp 20 ribuan.

2. Bakmi Kadin

seputarjogja.com
seputarjogja.com

Berlokasi di seberang kantor Kadin Yogyakarta, bakmi ini termasuk yang melegenda. Maklum, Bakmi Kadin sudah ada sejak tahun 1947. Pemiliknya sendiri adalah Karto Kasidin atau sering juga dipanggil Kadin.

Alamat persis Bakmi Kadin di Jl. Bintaran Kulon no.3 dan 6 Yogyakarta. Cara memasak bakmi Kadin cukup unik. Bahan-bahnnya dimasak satu persatu tidak dicampur sekaligus. Warna dari Bakmi Jawanya sekilas nggak terlalu menggoda karena didominasi warna putih, tapi rasanya sangat gurih. Soalnya, telur yang digunakan adalah telur bebek.

Selain terkenal menu bakmi, di sini juga dijajakan wedang bajigur yang isinya terdiri dari potongan kelapa berbentuk kubus dan roti tawar. Seporsi Bakmi Jawa dan wedang bajigur harganya Rp 20 ribu dan Rp 10  ribu.

3. Bakmi ShiBitsu

Piknik Blusukan
Piknik Blusukan

Sebagai penggemar bakmi, Anda wajib mencoba Bakmi Shibishu. Lokasinya ada di Jalan Raya Bantul No.106 atau sekitar lima menit dari Malioboro, tepatnya
500 meter selatan Pojok Beteng Kulon.

Jangan terkecoh oleh namanya yang agak berbau Jepang, padahal menu yang dijual adalah Bakmi Jawa asli. Selain Bakmi Jawa, Anda juga bisa mencoba Bakmi Rica-rica Ayam dan Nasi Goreng. Mengapa kedai ini diberi nama ShiBitsu? Soalnya, pelayan sekaligus peracik bumbunya adalah seorang tunawicara, tapi kelezatan bakmi buatannya mampu bikin kita membisu. Bumbunya terasa melekat pada bakmi maupun kuahnya. Seporsi Bakmi Jawa di Bakmi ShiBitsu harganya Rp 20 ribu.

4. Bakmi Mbah Mo

blusukanjogya.com
blusukanjogya.com

Kedai bakmi yang berada di jalan Parangtritis Km. 11, Bantul ini memiliki tempat yang asri dan luas di tengah pedesaan. Sangat cocok untuk melepaskan kepenatan. Warna Bakmi Godognya pucat, tapi aromanya benar-benar sedap dan telur yang digunakan adalah perpaduan antara telur ayam dan bebek. Selain Bakmi Godog, menu lain yang ditawarkan di Bakmi Mbah Mo adalah Bakmi Goreng, Bakmi Nyemek, Wedang Jahe, Wedang Jeruk, Kopi Jahe, dan Wedang Uwuh.

Rasa Bakmi Nyemeknya juga segar dan enak. Telur bebek yang tercampur dengan kuah bakmi membuat rasa kuahnya menjadi gurih dan membuat makan Anda menjadi lahap. Harga per porsi bakmi tidak sampai Rp 20 ribu.

5. Bakmi Mbah Gito

travellingjogja.com
travellingjogja.com

Warung Bakmi Mbah Gito lokasinya cukup nyempil di pelosok desa tepatnya Jl. Nyi Ageng Nis, Peleman, Rejowinangun, Kotagede. Agak sedikit blusukan. Tempat ini dulunya adalah bekas kandang sapi yang kemudian disulap jadi warung bakmi dengan suasana rumah pohon.

Pelayannya memakai kebaya lurik untuk perempuan dan laki laki mengenakan surjan lengkap dengan blangkon. Suara tetabuhan dari musik Jawa yaitu gamelan menjadi teman santap yang mantap. Selain bakmi juga ada menu lain yaitu rica rica, nasi magelangan, mi goreng, atau santapan lain yang tak kalah seru.

Soal pilihan menu, cobain aja Bakmi Spesial dengan harga Rp 27 ribu yang disajikan dengan kuah kental, taburan ayam, telur, dan bawang goreng. Juga dengan campuran mie kuning dan mie bihun. Kuahnya enak, tidak amis, meski dicampur dengan telur yang diorak-arik.

6. Bakmi Jombor

jalanjalan.com
jalanjalan.com

Bakmi Jombor merupakan salah satu bakmi legendaris di daerah Yogyakarta bagian utara, tepatnya berada di daerah Terminal Jombor. Atau lokasinya ada di Jl. Magelang Km 6,5, tepatnya berada di depan Hotel Borobudur Sinduadi, Mlati, Sleman.

Meskipun ada di kawasan terminal, tapi kelezatan bakmi Jombor selalu dicari orang terutama menu spesial mereka yaitu Nasi Godog. Isian nasi godog terdiri dari bakmi, nasi putih, suwiran daging ayam kampung, taburan seledri, bawang goreng, dan kuah yang berwarna cokelat. Rasanya nggak beda jauh dengan Bakmi Godog, tapi porsinya lebih mantap dan mengenyangkan karena pakai nasi. Harga seporsi nasi godog dan teh poci adalah Rp 20 ribu.

7. Bakmi Pak Geno

www.enjoyindonesiaku.com
www.enjoyindonesiaku.com

Bakmi Pak Geno terkenal karena menjadi langganan favorit Presiden kedua Indonesia, Pak Harto. Lokasinya ada di jalan Parangtritis, Pasar Prawirotaman Yogyakarta. Warung Bakmi Pak Geno sudah berdiri sejak tahun 1952 dan sejak tahun 1988, bisnis bakmi ini dijalankan oleh anaknya yang bernama Harjogeno hingga sekarang.

Saat ada di sini Anda bisa menikmati bakmi goreng, bakmi godog, dan magelangan. Soal kelezatan jangan ditanya! Pokoknya mantap dan nendang rasanya! Yang paling best seller tentu aja bakmi godognya. Harganya sekitar Rp 15 ribu. Murah kan?!

8. Bakmi Lethek Mbah Mendhes

http://kooliner.com
http://kooliner.com

Di Bantul Yogyakarta ada Bakmi Lethek Mbah Mendhes. Lethek sendiri merupakan bahasa jawa yang berarti kotor. Memang penampilan bakmi tersebut dibuat agak kotor tapi bukan berarti bakminya kotor.

Mulanya, warung makan ini terletak di Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Tapi karena banyaknya peminat, akhirnya Mbah Mendes membuka cabang di daerah utara DI Yogyakarta, tepatnya di Ring Road Utara Maguwoharjo (Utara Lotte Mart).

Selain bakmi, Anda juga bisa mencoba menu Plencing Godog. Meski namanya plencing, tapi rasanya tidak terlalu pedas. Jika kurang pedas, Anda bisa tambahkan cabai hijau. Kuahnya segar dan enak, apalagi ada campuran telur, wortel, dan tahu. Mie Gorengnya juga boleh banget buat dicoba. Rasa bawang putihnya sangat kuat dan bikin bumbunya terasa medok. Harganya cukup murah sekitar Rp 20 ribu.

9. Bakmi Mbah Hadi

pacarkecilku.com
pacarkecilku.com

Citarasa Bakmi Mbah Hadi sudah terkenal sejak tahun 1995. Jadi soal kelezatannya sudah pasti jempolan. Lokasinya ada di jalan C Simanjuntak No. 1, Yogyakarta.

Yang paling enak buat dicobain adalah bakmi goreng Jawanya yang bertekstur besar dengan suwiran daging ayam, telur bebek, potongan seledri, dan kol. Rasanya gurih dan nggak terlalu asin. Nikmatnya terasa pas di lidah.

Menu lain juga tersedia di sini seperti nasi goreng, magelangan, dan tongseng ayam. Sedangkan untuk minumannya, selain teh hangat juga tersedia kopi, tape, dan beberapa minuman lainnya. Harga Bakmi Jawa dengan teh hangat adalah Rp 20 ribu.

10. Bakmi Mbah Wito

http://oatmeal.perutgendut.com
http://oatmeal.perutgendut.com

Bakmi langganan para pejabat ini sangat digandrungi di Gunung Kidul Yogyakarta. Bahkan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono kepincut kelezatan bakmi Mbah Wito. Lokasi bakmi ini  ada di Dusun Kemoro Sari 1, Desa Piyaman Wonosari Gunungkidul.

Rasa lezat bakmi ini terletak pada gurihnya kaldu ayam yang terbuat dari empat ayam Jawa pilihan yang direbus dengan seperempat kilogram udang basah dan seperempat kilogram gula batu.Udang memberi rasa gurih, sedangkan gula batu menyajikan keaslian rasa manis dari batang tebu.

Mbah Wito menambahkan garam, bawang merah, dan bawang putih untuk membuat bakmi terasan gurih. Dia mengaku menghindari pencampuran aneka bumbu, seperti kemiri yang justru membuyarkan rasa. Bahan mie yang ia gunakan malahan tidak spesial, yaitu mie dari tepung beras biasa. Harganya sangat murah yaitu Rp 7 ribu per porsi.

ALI IMRON H | TR

LEAVE A REPLY