Keren! Kreatif Pakai Bambu Jadi Undangan Pernikahan

    0
    228

    Ingin pernikahan tradisional kamu benar-benar unik dan keren? Bagaimana kalau pakai elemen alami seperti bambu untuk pernak-perniknya? Eh, bambunya diapain, ya?

    Tanaman bambu atau dalam bahasa Cina, zhu, tak ubahnya seperti pohon kelapa yang setiap jengkal bagiannya bisa difungsikan. Mulai dari batang hingga daun.

    Boleh saja Indonesia tak punya hutan bambu seluas di negeri Tirai Bambu, Cina.

    Bayangkan saja, kita hanya punya hutan bambu seluas 268,2 ha, sedangkan Cina punya 38 juta ha hingga memenuhi 1/5 bagian dari total luas hutan bambu di dunia.

    Meskipun demikian, masyarakat Indonesia cukup akrab dengan manfaat tanaman yang masuk dalam keluarga gramiane (rumput-rumputan) ini.

    Kok bisa, ya?

    Bisa, karena keberadaan bambu mudah ditemukan, serta sifatnya yang baik untuk diolah, membuat bambu menjadi salah satu materiil yang hampir ada di sudut setiap rumah.

    Bisa dalam bentuk peralatan dapur, furniture konstruksi bangunan ataupun hanya sebatas hiasan pemanis ruang.

    Sebagai tanaman yang punya banyak spesies, bambu memungkinkan para pengrajin untuk mengeksplorasi ide dan kekreatifan mereka.  Misalnya, dari jenis bambu wulung dan putih, terciptalah alat musik seperti angklung yang terwujud dari beberapa batang bambu.

    Atau kreneng, anyaman dari serutan bambu yang serba guna sebagai wadah meletakkan belanjaan.

    Sekitar tahun 70- an, dimana plastik belum terlalu popular digunakan sebagai wadah, orang Jawa banyak mengunakan kreneng.

    Saat ini kreneng masih bisa dijumpai sebagai wadah buah, meskipun keberadaannya sangat jarang.

    Atau bila ingin lebih unik, kreneng bisa dimodifikasi menjadi beberapa bentuk. Semisal bentuk botol sebagai wadah undangan. Atau, wadah CD yang menyerupai tempat jinjingan ayam hidup.

    Lebih bersahabat dengan alam, kan?

     

    1. Botol bambu

    Bentuk ini didapat dari bambu yang diserut sedemikian rupa hingga mendapatkan helaian-helaian yang dibutuhkan dan kemudian dianyam.

     

     

    2. Angklung bambu

    Bentuknya masih menyerupai batangan bambu yang dibelah hingga rongga bagian dalamnya terlihat. Selain cantik sebagai pajangan, bentuk ini juga bisa digunakan sebagai undangan.

    Rongga itulah yang digunakan untuk tempat meletakkan pesan dalam undangan.

    Bisa berupa kain  ataupun kertas daur-ulang. Di bagian sisi luar bisa ditambah pernak-pernik sebagai pemanis.

     

    Baca juga  Mengenal Lebih Dekat Alat Masak Tradisional, Cobek

     

    3.  Wadah CD

    Tentu saja ini pas banget buat kamu yang masih koleksi atau suka beli CD musik. Karena memang kualitas suara CD berbeda dengan kualitas suara file musik.

    Seperti botol bambu, bentuknya didapat dari anyaman serutan bambu.

     

     

    Theresia Triomegani

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here