Deretan Batuan Permata Indonesia Ini Memiliki Pesona Tersendiri

0
986
Batu Kecubung
Batu Kecubung-Foto: PXhere

Salah satu kekayaan negeri ini adalah terletak pada ragam jenis batu permata yang begitu melimpah. Batu akik, sebutan lain batu permata tersebar di seluruh Nusantara. Tentunya masing-masing memiliki pesona sendiri.

Meskipun nilainya tidak setinggi intan, batuan permata lainnya juga banyak menjadi koleksi para kolektor batu. Berikut beberapa batu akik yang ada di Indonesia:

Batu Bacan

Batu yang berasal dari Maluku ini banyak diincar oleh kolektor lokal maupun internasional. Batu bacan yang terkenal ada dua jenis, yaitu batu Bacan Doko dan Bacan Palamea. Bedanya, batu Bacan Doko memiliki warna yang lebih ke arah hijau tua sedangkan Bacan Palamea memiliki warna hijau kebiruan. Batu ini dianggap hidup dan masyarakat percaya bahwa warnanya akan berubah seiring waktu.

Batu Kalimaya

Batu Kalimaya atau yang biasa juga disebut dengan opal merupakan batu yang memiliki beragam warna kala tertimpa cahaya. Di Indonesia yang terkenal adalah batu kalimaya dari daerah Banten. Selain itu batu ini juga memiliki banyak jenisnya, mulai dari black opal yang memiliki warna hitam atau gelap,  sampai dengan fire opal yang memiliki warna kuning oranye sampai merah sehingga seolah-olah memiliki api di dalam batunya.

Batu Kecubung

Batu ini lebih terkenal di kancah internasional dengan nama Amethyst. Yang terkenal biasanya adalah batu kecubung dengan warna ungu, tetapi sebenarnya batu kecubung juga memiliki ragam warna lainnya seperti biru, hijau, atau bahkan bening. Batu  kecubung di Indonesia lebih banyak dihasilkan di daerah Ketapang, Kalimantan Barat.

Batu Intan

Batu intan atau berlian umumnya merupakan pilihan orang ketika memilih cincin pernikahan. Batu yang terkenal akan kekerasan dan kilaunya ini juga merupakan batu dari hasil bumi Indonesia. Daerah penghasil batu intan di Indonesia adalah kota Martapura di daerah kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Batu intan dari daerah ini juga sudah terkenal kualitasnya hingga mancanegara.

Baca juga: Jenis-Jenis Batu Mulia Beserta Keindahan, Status & Mitosnya

Itulah beberapa batu permata asli dari Indonesia yang keindahannya juga terkenal di negara-negara lain. Kalau kamu suka batu yang mana?*

Penulis: Mellissa Veronica

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here