Belajar Fotografi Kuliner Padang Bersama The Institute

0
227
Workshop Fotografi
Workshop Fotografi-Foto: The Institute

Tahukah kamu, tidak mudah-loh menghasilkan foto makanan dengan gambar yang memukau? Terlebih makanan Indonesia yang begitu didominasi warna gelap. Tapi kalau kamu tahu tekniknya, foto makanan dengan menggunakan kamera handphone pun bisa terlihat indah.

Lembaga pelatihan The Institute, salah satu anak perusahaan Bella Donna Group, menghadirkan Instagenic Food Photography Workshop beberapa waktu lalu dengan pengajar Rika Ekawati, seorang halal food and product influencer. Para peserta bisa memanfaatkan semua kamera yang mereka punya.  Mulai dari kamera handphone, mirrorless hingga DSLR.

Pada kesempatan ini, peserta bisa langsung praktek dengan obyek foto yang disediakan oleh Marco Padang. Marco Padang adalah restoran dengan konsep makanan Padang Peranakan yang  terdapat di Lippo Mall Puri, Grand Indonesia,  Lotte Shopping Avenue dan Pacific Place.

Workshop Fotografi
Sate Padang-Foto: Dokumentasi The Institute

Ada berbagai jenis makanan yang dijadikan obyek  pemotretan workshop ini, yaitu  Martabak Kelapa, Es Kopi Padang, Es Durian Sumatra, Rendang, Sate Padang, Barramudi Panggang Pacak, Dendeng Garing dan Dendeng Batoko.

Workshop Fotografi
Dendeng Kering-Foto: Dokumentasi The Institute by Ajeng
Workshop Fotografi
Martabak Kelapa & Es Durian-Foto: Dokumentasi The Institute by Ajeng

Beberapa hal yang menurut Rika perlu diperhatikan dalam memotret makanan ini adalah pencahayaan, komposisi  serta sudut pengambilan gambar. Cahaya matahari merupakan pencahayaan yang paling sempurna  untuk menciptakan foto yang natural. Namun bukan berarti kamu tidak bisa menciptakan foto makanan yang indah dengan menggunakan pencahayaan dari lampu ya!

Jangan lupakan kehadiran garnis untuk semakin mempercantikan hasil foto. Diperlukan beragam jenis dan warna dari garnis. Bagaimana dengan sudut pengambilan foto? “Untuk foto makanan, sebaiknya jangan landscape, melainkan portrait.  Karena sudut penglihatannya manusia biasanya adalah dari atas ke bawah, bukan dari kanan ke kiri,” demikian penjelasan Rika.

Workshop ini ditutup dengan penyerahan sertifikat bertanda tangan sang pengajar dan juga founder The Institute.

Untuk kamu yang ingin ikutan kelas foto selanjutnya, kamu bisa bergabung di kelas foto produk The Institute  pada 15 Desember 2018 nanti dengan pengajar Silva Sandiarini. Untuk informasi dan pendaftaran,  kamu bisa menghubungi Bella-Hp 0813 1769 2009.

Selain kelas fotografi, bulan November dan Desember mendatang, The Institute memiliki beragam workshop menarik yang bisa kamu ikutin loh. Mulai dari workshop merangkai bunga, eco print, bio oil, henna hingga membuat sabun dengan bahan-bahan yang halal.

Yuk ikutan!*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here