Kamu Punya Perhiasan Mutiara? Begini Cara Merawatnya

0
208
Kalung Mutiara | Foto: cornelia Ny-Unspash
Kalung Mutiara | Foto: cornelia ng-Unspash

Kamu yang senang berpenampilan klasik, mungkin akrab dengan perhiasan mutiara ya. Untaian mutiara yang terpampang cantik menghiasi leher maupun daun telinga, menjadi sebuah aksesori penambah keanggunan si pemakai.

Mengutip dari situs berita detik.com, mutiara air laut Indonesia merupakan yang terbaik di dunia. Produk unggulan yang sudah diakui dunia adalah produk mutiara laut selatan.

Mutiara laut selatan dibudidayakan di Indonesia terutama banyak dilakukan di Lampung, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat (NTB), Flores, Maluku dan Papua.

Berbicara tentang mutiara, mutiara konon dipercaya sebagai pelindung perempuan dari marabahaya. Itulah mengapa perhiasan ini juga kerap dipakai sebagai hadiah pernikahan.

Memberikan kado kepada pengantin berupa perhiasan mutiara juga sangat prestis loh. Karena harganya memang tidak murah.

Baca juga: Mengenal Mamuli, Perhiasan Warisan nan Unik Asal Sumba

Biasanya, mutiara air laut harganya lebih mahal ketimbang mutiara air tawar. Memang, harga mutiara tergantung dari tingkatan. Mutiara laut dengan tingkatan dan kualitas bagus harganya dihitung per gram. Sementara mutiara air tawar dihitung per butir.

Merawat Mutiara

Meskipun mutiara adalah perhiasan yang keras dan kuat tidak berarti mutiara tak perlu dirawat dan dipelihara. Berikut tips merawat mutiara:

Bersihkan Segera

Segera bersihkan perhiasan mutiara mu dengan air hangat setelah digunakan. Yang perlu diingat, mutiara sangat rentan akan pengaruh zat asam. Setelah dibersihkan, letakkan di atas kain lembut dan permukaan kain halus untuk mengelapnya.

Gunakan 30 Menit Setelah Makeup

Molekul yang terdapat dalam makeup, hairspray maupun parfum bisa dengan mudah menimbulkan korosi dan mengakibatkan mutiara lama-kelamaan terlihat seperti berkarat.

Udara Lembap

Jangan terlalu lama menyimpan mutiara di ruang ber AC. Gunakanlah sesering mungkin karena kelembapan bagus untuk mutiara.

Simpan dalam Plastik

Suhu yang ekstrim akan membuat mutiara rusak. Simpan dalam kantong dari bahan sutra, kemudian masukkan dalam plastik yang berlubang untuk menjaga kelembapannya.*

Penulis : Theresia Triomegani-dari berbagai sumber

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here