Mengenal Lebih Dekat Alat Masak Tradisional, Cobek

0
18
Cobek - Foto: wikipedia
Cobek - Foto: wikipedia

Sebagai alat masak tradisional, cobek dan ulekan sangat melekat di masyarakat Indonesia ketika menghaluskan bumbu-bumbu masak. Meskipun sudah ada blender yang lebih modern dan lebih mudah digunakan, cobek dan ulekan masih diminati karena dianggap lebih bisa membuat bumbu makanan terasa lebih lezat.

Cobek sendiri terbuat dari beragam bahan loh! Tidak melulu berbahan batu. Yuk kita lihat!

Cobek Batu

Cobek yang satu ini yang biasa paling banyak dicari oleh orang-orang karena terbuat dari batu yang kuat dan berkualitas seperti batu kali atau batu andesit. Dengan cobek ini, ketika sedang menghaluskan bumbu akan terasa lebih mudah dan batunya tidak mudah rusak atau rontok sehingga kemungkinan untuk serpihan-serpihan batu tercampur ke makanan pun sedikit. Cobek batu yang terkenal adalah cobek yang berasal dari gunung merapi karena menggunakan batu yang berkualitas.

Cobek Tanah Liat

Cobek yang ini terbuat dari tanah liat atau gerabah dan masih bisa ditemukan didaerah pedesaan. Biasa cobek jenis ini juga digunakan oleh penjual tahu gejrot atau penjual pecel lele. Ulekan yang biasa digunakan untuk menghaluskan di cobek ini biasa terbuat dari kayu. Hal ini dikarenakan cobek dari tanah liat mudah sekali pecah sehingga sangat tidak cocok digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu yang keras atau kasar.

Cobek Kayu

Cobek dari kayu memiliki tekstur yang lebih halus dan licin sehingga memakan waktu yang agak lama dalam menghaluskan bumbu-bumbu. Seperti cobek batu, bahan pembuat cobek kayu pun memiliki andil dalam menghasilkan cobek berkualitas. Biasa kayu dari pohon nangka atau salam digunakan untuk membuat cobek kayu yang memiliki kualitas cukup baik, tetapi yang paling baik adalah cobek yang terbuat dari kayu jeruk, karena selain kayunya kuat juga memiliki aroma yang menambah sedap bumbu.

Cobek Semen

Cobek yang terakhir ini juga disebut sebagai cobek cetak dan memiliki kualitas yang rendah. Hal ini dikarenakan cobek yang terbuat dari semen mudah rontok sehingga serpihan-serpihan semen dapat bercampur ke dalam makanan. Untuk menghindari cobek satu ini, harus benar-benar memperhatikan dan di cek cobeknya. Cobek dari semen biasa memiliki warna yang tidak natural dan mudah luntur.

Itulah beragam jenis cobek dari berbagai bahan. Kamu pernah menggunakan yang mana?*

 

Penulis: Mellissa Veronica

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here