Pesona Manikam Nusantara yang Menggoda

0
69

Negeri kita ini begitu kaya akan kandungan alam. Mineral yang melimpah menjadi ‘resep’ rahasia terciptanya batuan permata yang begitu beraneka ragam yang siap dirangkai menjadi perhiasan cantik.

Batu permata sendiri terbagi atas dua jenis, batu mulia (preciouse stone) dan batu setengah mulia  (semi preciouse stone). Seorang ahli perbatuan, Mohs menggolongkan tingkat keras batu menjadi 10 tingkat. Namun sebenarnya, sebuah batu digolongkan  masuk pada kategori mulia  bukan tingkat kekerasan saja, namun juga kelangkaan dan keindahan menjadi pertimbangan. Batu-batuan yang masuk dalam kategori batu mulia adalah diamond, emerald, sapphire dan ruby. Yang ditemukan di Indonesia hanya diamond saja.

Berbeda dengan batu mulia,  batu semi mulia ditemukan di berbagai wilayah nusantara. Mulai dari provinsi Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua. Jenisnya yang beraneka ragam serta motif dan warnanya yang bergitu memukau adalah daya tarik dari jenis batuan ini. Sebut saja Opal, Amber, Coral, Bilitonite, Agate, Kecubung, Batu Bacan, Akik, dan lain sebagainya.

Dan biasanya batu-batuan tersebut dirangkai dalam sebuah desain perhiasan yang membuatnya semakin memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan kerap menjadi incara para pencinta fesyen.  Baik dalam bentuk kalung, gelang anting dan lain-lain.

Nah, dari berbagai batu permata yang ada di nusantara, ada lima jenis batuan yang hingga saat ini keberadaannya hanya dapat ditemui di Indonesia. Kelima jenis batuan tersebut antara lain :

Fossilized Coral
Batu jenis ini banyak ditemukan di daerah Sumatera Utara dan Jawa, tidak ada di negara lain. Dan bila diperhatikan dengan seksama, motifnya menyerupai kelopak bunga yang tengah bermekaran.  Ada beragam warna yang dimiliki batu ini  mulai dari kuning krem, oranye, cokelat, hitam maupun hijau.

Rose Agate
Masuk dalam keluarga akik warna putih bening namun dengan motif yang menyerupai bunga rose warna merah. Pada beberapa kasus kandungan di dalamnya mendominasi keseluruhan batu tersebut hingga memberikan campuran warna-warni Renaissance.

Red Drusy Jasper
Drusy merupakan istilah untuk sebuah batu yang memiliki kristal alami yang kecil-kecil di bagian sisi permukaan. Sebenarnya, batu ini terdapat di seluruh dunia, Rusia misalnya memiliki drusy warna hijau garnet. Atau dibelahan dunia lain ditemukan warna putih, kuning, oranye dan hitam yang seringkali diperdagangkan di pasar perhiasan. Namun, Indonesia memiliki Drusy Jasper berwarna merah pemadam kebakaran yang memiliki tingkat keindahan yang sangat tinggi.

Golden Soapstone                                    Batuan soapstone warna putih, abu-abu dan cokelat banyak ditemukan di mancanegara. Namun yang berwarna kuning keemasan ini, hingga saat ini hanya ditemukan di Indonesia. Biasanya jenis batu ini banyak digunakan untuk ukiran atau patung.

Sulfur Jasper                                                Jenis batu jasper ini memiliki kombinasi warna yang begitu cantik. Warna kuning yang bersanding dengan abu-abu, hitam dan oranye menjadi ciri khas batu ini.

Teks. Theresia Triomegani

 

 

 

LEAVE A REPLY