Ragam Jenis Wayang di Indonesia Bukan Hanya dari Kulit Loh!

0
25

Wayang merupakan kesenian asal Indonesia yang cukup terkenal sampai mancanegara, tapi tahukah kamu bahwa wayang ada beragam jenis? tidak hanya terdiri dari satu jenis saja? Yuk kita cek berbagai jenis wayang yang ada di Indonesia!

Wayang Kulit

Wayang kulit terkenal di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wayang jenis ini yang biasanya lebih familiar di benak orang-orang ketika memikirkan wayang. Penampakannya pipih dan terbuat dari kulit kerbau atau kambing, bagian lengannya memiliki engsel-engsel yang bisa digerakkan. Biasa wayang ini digunakan untuk menceritakan kisah-kisah rakyat dan juga mitos-mitos.

Wayang Klitik

Wayang klitik memiliki penampakan seperti wayang kulit, hanya saja bahan untuk membuatnya berbeda dari wayang kulit karena wayang klitik dibuat dari kayu. Nama klitik sendiri merujuk pada suara kayu yang bersentuhan ketika wayang digerakkan dalam pertunjukkan. Wayang ini banyak digunakan untuk menceritakan kisah-kisah kerajaan seperti kerajaan Kediri dan Majapahit.

Wayang Golek

Berbeda dengan wayang kulit dan wayang klitik yang memiliki penampakan pipih dan dua dimensi, wayang golek berbentuk tiga dimensi. Sama seperti wayang klitik, wayang golek juga terbuat dari kayu dan memiliki engsel-engsel yang dapat digerakkan. Ada dua jenis wayang golek yaitu, wayang golek purwa dan wayang golek papak cepak. Wayang ini biasa digunakan untuk menceritakan kisah-kisah yang terikat erat dengan tradisi Jawa dan Islam.

Wayang Wong

Wayang wong atau biasa juga disebut wayang orang merupakan pertunjukan drama tari yang menceritakan kisah-kisah wayang tradisional dengan menggunakan manusia sebagai pemerannya. Wayang ini awalnya merupakan hiburan para bangsawan, namun seiring berjalannya waktu, sekarang wayang ini menjadi sebuah bentuk kesenian yang cukup populer di masyarakat.

Wayang Beber

Wayang beber merupakan jenis wayang tertua di Indonesia dan pertunjukannya pun sedikit berbeda dengan wayang yang kita kenal sekarang. Wayang beber menggunakan lembaran-lembaran panjang yang dilukis adegan demi adegan dalam cerita. Pertunjukannya pun disertai dengan narasi dari seorang dalang. Sayangnya, saat ini wayang beber hanya ada dan dimainkan di beberapa kalangan saja.

Itulah beberapa jenis wayang yang ada di Indonesia, kamu pernah nonton yang mana?*

Penulis: Mellissa Veronica

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here