Serba-Serbi Tema Pernikahan yang Harus Anda Ketahui

    0
    250
    Serba-Serbi Tema Pernikahan yang Harus Anda Ketahui
    Foto: Dok. Mahligai Indonesia

    Pernikahan adalah momen paling spesial dalam perjalanan ehidupan seseorang. Jauh sebelum menikah, bahkan mungkin masih usia belia, kita sudah memiliki bayangan akan pernikahan ideal yang diimpikan. Namun, begitu mendekati hari H, biasanya calon pengantin justru kebingungan dalam menentukan tema pernikahannya.

    Perlukah Menentukan Tema Pernikahan?

    Tema atau gaya tentu diperlukan untuk membuat satu nuansa atau konsep yang rapi dari sebuah acara, khususnya pernikahan. Dengan menentukan tema, maka seluruh elemen perlengkapan pernikahan – mulai dari dekorasi, baju pengantin, undangan sampai dengan suvenir, bahkan lokasi atau tempat resepsi, akan diwujudkan sesuai dengan tema yang telah ditentukan jauh hari sebelumnya.

    Untuk mendapatkan konsep pernikahan yang berbeda dengan yang lainnya, dibutuhkan beberapa tema yang unik. Tema menjadi kunci bagaimana acara pernikahan itu akan dilaksanakan. Begitu juga dengan properti yang akan digunakan, akan bersinergi dengan tema pernikahan tersebut. Tentunya, tema dengan segala macam property yang digunakan akan saling terkait.

    Ada banyak tema pernikahan yang bisa Anda terapkan dalam acara penting tersebut. Tema pernikahan yang dipilih tergantung dari pribadi dan pasangan Anda. Pilihan tema bisa yang rumit ataupun sederhana. Jika memang Anda menginginkan kesederhanaan, sebaiknya Anda juga memilih tema pernikahan yang sederhana.

    Apa yang Dimaksud dengan Tema?

    Nurmaya Febriani dari Maheswara Wedding Planner mengatakan tema adalah nuansa atau konsep acara yang akan digunakan. Bisa dari pilihan warna ataupun gaya tertentu, misalnya tema vintage, white wedding, adat daerah tertentu dan sebagainya.

    Tema atau konsep biasanya diterjemahkan dalam berbagai bentuk perlengkapan kebutuhan untuk meyelenggarakan pesta pernikahan. Mulai dari pilihan baju pengantin, dekorasi, undangan, suvenir dan pernak-pernik lain yang berhubungan dengan konsep/ tema yang dipilih.

    Maya menyarankan, pada calon pengantin sebaiknya menggunakan wedding planner untuk merealisasikan tema/ konsep pernikahan untuk memudahkan memilih vendor. Selain calon pengantin tidak perlu dipusingkan mencari dan survei vendor sendiri, biasanya bujet juga akan lebih mudah dikontrol karena wedding planner sudah punya pengalaman dan pasti akan membantu memilih vendor yang harganya masuk ke dalam bujet yang sudah ditentukan sebelumnya.

    Tema dan Gaya Pernikahan Perlu Mengikuti Trend?

    Pertanyaan seperti ini kerap menyeruak di benak para calon pengantin. Acara pernikahan adalah acara yang sangat personal. Menurut hemat Maheswara Wedding Planner, calon pengantin tidak perlu mengikuti trend, selama calon pengantin tersebut betul-betul nyaman dengan tema yang dinginkan. Dengan demikian, acaranya akan sesuai dengan konsep pernikahan yang diimpikan.

    Teks: Tim Mahligai Indonesia

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here