Menikmati Kembali Keeksotisan Sanur, Kuta dan Nusa Dua

0
12

Bali memang selalu tak akan pernah ada habisnya. Ambiensnya memang tak lekang oleh waktu. Bagaimana kalau kembali menikmati Sanur, Kuta dan Nusa Dua?

 

Jika ingin menghabiskan bulan madu di daerah pantai tetapi tetap menginginkan suasana yang tenang, mereka para pasangan dapat mengarahkan tujuan bulan madu ke daerah Sanur, Kuta ataupun Nusa Dua.

Ketiga daerah ini punya pantai sangat indah dengan ombaknya yang tenang dan pasir putih lembut.

Seperti kita tahu, ketiga daerah ini dulu adalah salah satu pilihan destinasi yang sangat diminati wisatawan baik lokal atau pun mancanegara. Saat ini ketiga daerah ini memang perlahan mulai ditinggalkan, karena dianggap old destination.

Alasannya, karena banyak daerah lain yang infrastrukturnya lebih berkembang, demikian juga vila-vila dengan brand dan desain yang cukup banyak menarik perhatian wisatawan.

Dengan demikian, menyebabkan makin tertinggalnya destinasi Sanur, Kuta, dan Nusa Dua.

Padahal kondisi tertingal ini justru membuat tiga area ini tetap punya rasa alami yang khas.

 

 

SANUR

Ditempuh hanya sekitar 30 menit dari Bandara International Ngurah Rai, area ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, termasuk bagi mereka yang ingin menikmati bulan madu.

Daya tarik Sanur yang paling memikat baik turis lokal maupun mancanegara adalah pemandangan matahari terbit yang dapat langsung dilihat dari Pantai Sanur itu sendiri. Ah, romantis…

Sanur seakan memang tak pernah kehabisan daya tarik khususnya bagi mereka yang ingin berbulan madu.

 

 

Festival Layang-Layang

Jika Anda berdua menikmati bulan madu sekitar pertengahan tahun, bisa ikut serta dalam Festival Layang-Layang yang rutin diadakan setiap tahunnya di wilayah Padang Galak.

Dalam festival ini berbagai bentuk layang-layang tradisional khas Bali dengan ukuran raksasa seperti Bebean (ikan), Janggan (burung) dan Pecukan (berbentuk) dan juga layang-layang hasil kreasi diterbangkan untuk mengikuti perlombaan.

Menurut beberapa tokoh agama Hindu, permainan layang-layang memiliki makna relijius yang dipersembahkan kepada Dewa Rare Anggon. Dewa Rare Anggon sendiri dipercaya sebagai pelindung areal pesawahan petani, sehingga sawah masyarakat Bali tidak terkena hama.

 

 

Melukis di Museum Seni

Untuk yang menyukai seni khususnya seni lukis, di Sanur terdapat museum seni terkenal yaitu Le Mayeur. Museum ini karya seorang pria asal Belgia bernama Adrien Jean Le Mayeur de Merpres.

Objek lukisan Le Mayeur kebanyakan adalah seorang gadis Bali bernama Ni Polok. Di Museum ini terdapat pendopo yang dipergunakan untuk menampilkan pertunjukan khas Bali setiap diadakannya pameran lukisan.

Selain lukisan, di museum ini juga terdapat koleksi buku tua, furnitur khas Bali dan beberapa ukiran lainnya milik Le Mayeur.

 

 

Pura Blanjong & Pulau Serangan

Tak lengkap rasanya jika pergi ke Bali tapi belum menikmati keindahan pura di Bali, begitu juga di Sanur terdapat kawasan pura yaitu Pura Blanjong.

Di area Pura Blanjong terdapat peninggalan yaitu Prasasti Blanjong. Prasasti ini ditulis dalam dua bahasa dan dua huruf sehingga disebut prasasti bilingual.

Prasasti Blanjong ini diletakkan di sebuah ruangan yang dikelilingi dengan tembok kaca.

Bagi yang ingin menikmati bulan madu dengan cara yang berbeda, cobalah menyeberang ke Pulau Serangan.

Di pulau ini kita bisa melihat secara langsung kura-kura atau penyu yang dikembangbiakkan, telur kura-kura yang sedang dierami atau pun kura-kura unik berwarna hijau.

Jangan lupa, nikmati juga keindahan hutan mangrove di sekitar Pulau Serangan dengan menaiki perahu.

 

 

Sea Walker

Di Sanur terdapat permainan air yang sangat unik yaitu sea walker. Kita bisa menyelam ke dasar laut dengan helm berisi oksigen dan bersentuhan langsung dengan ikan-ikan dan karang. Anda dan pasangan juga dapat memberi makan ikan secara langsung dan berfoto dalam air.

Suasana Sanur yang lebih tenang dibandingkan daerah lainnya di Bali, menjadikan Sanur tempat romantis bagi yang ingin berbulan madu. Anda bersama pasangan dapat menghabiskan malam sambil mengobrol di restoran fine dining hingga café yang menampilkan live music hingga tarian khas Bali.

Tidak ketinggalan, bagi pengantin baru pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen honeymoon yang sangat romantis di Sanur. Di sepanjang Pantai Sanur, terdapat banyak jasa pelukis yang langsung dapat melukiskan foto Anda dan pasangan di atas kanvas.

Oleh-oleh?

Di Sanur terdapat satu lokasi yaitu di Jalan Danau Tamblingan. Di sepanjang Jalan Danau Tamblingan jadi pusat perbelanjaan, berbagai macam kerajinan khas Bali sepert tas terbuat dari rotan dan kain hingga suvenir-suvenir khas Bali lainnya.

 

 

 

KUTA

Tak ada wisatawan yang tak kenal dengan daerah yang satu ini. Kuta, destinasi wajib untuk para wisatawan yang pergi ke Bali.

Menghabiskan bulan madu di Bali, tidak lengkap rasanya apabila Anda berdua tidak menghabiskan waktu di daerah yang menjadi icon Bali. Kuta, daerah yang sejak dahulu menjadi pusat aktifitas dari Bali.

Mulai dari hotel, resort, spa, mal, tempat perbelanjaan, hingga restoran, café dan hiburan malam semua bisa ditemukan di Kuta.

Denyut aktifitas wisatawan di pantai Kuta seakan tak pernah berhenti, dengan daya tariknya mulai dari pagi hingga dini hari.

Pada pagi hari, pantai Kuta ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menghirup udara segar, berjalan-jalan pagi, atau sekedar mencari sarapan.

Pada siang hari, pantai Kuta ramai dikunjungi turis domestik maupun mancanegara untuk bermain aktifitas air atau berjemur di pinggir pantai.

Menjelang sore hari, pantai ini dipadati khususnya untuk menikmati keindahan sunset dan saat malam tiba. Pantai Kuta berubah menjadi tempat yang penuh dengan keramaian dan music night life.

Bagi yang ingin menghabiskan bulan madu di Bali dengan suasana kota metropolitan dengan segala fasilitasnya, Kuta adalah tempat yang sangat tepat.

Di Kuta aktifitas berjemur santai di bawah teriknya sinar matahari, sambil menikmati makanan dan minuman ringan yang dijual sepanjang pantai Kuta layak dicoba.

Tidak ketinggalan, Anda juga dapat menikmati jasa massage tradisional khas Bali. Bagi yang senang dengan tato, di sepanjang pantai Kuta juga terdapat jasa tato temporary dengan berbagai desain unik.

Banyak aktifitas lain yang cukup mengasyikkan di kawasan pantai Kuta.

Untuk yang gemar bereksperimen dengan gaya penampilan, khususnya bagi perempuan, tidak lengkap rasanya bila Anda belum mengepang rambut dan mewarnai jari-jari Anda dengan desain nail art bunga khas Bali.

Bagi yang gemar berolahraga, di pantai Kuta ini Anda berdua dapat melakukan berbagai olahraga bersama seperti bermain voli, jet ski, atau surfing.

Sambil menunggu momen sunset, Anda berdua dapat bernostalgia masa kecil dengan bermain layang-layang di pantai. Berbagai bentuk layang-layang dijual di sepanjang pantai Kuta.

Naik sepeda atau sekedar berjalan kaki menyusuri pantai sambil bergandengan tangan juga dapat menjadi momen romantis yang tak terlupakan.

Pantai Kuta semakin ramai dikunjungi wisatawan saat keindahan sunset mulai terlihat.

Nikmati romantisme suasana seusai senja dengan mencicipi makan malam di restoran ataupun café di sepanjang pantai Kuta dengan menu makanan tradisional hingga western.

Tak lengkap rasanya apabila tak berbelanja selama di Kuta. Sejak dahulu Kuta menjadi surga belanja bagi setiap orang yang mengunjungi Pulau Dewata. Hampir di setiap sudut Kuta terdapat berbagai tempat belanja mulai dari toko, high end boutique, hingga mal yang menjual mulai dari barang-barang tradisional khas Indonesia hingga barang-barang branded lainnya.

Untuk memilih akomodasi selama berbulan madu, Anda berdua tidak perlu bingung. Di Kuta terdapat banyak hotel hingga vila eksklusif lengkap dengan segala kemewahan fasilitasnya.

 

Baca Kerennya Detail Dekor Ungu-Emas Pernikahan Palembang

 

NUSA DUA-BALI

Indahnya pemandangan Pulau Dewata Bali pastinya sudah tidak diragukan lagi khususnya bagi Anda yang ingin berbulan madu.

Dari sekian banyak objek wisata di pulau Bali, kawasan pantai Nusa Dua memiliki daya tarik sendiri yang dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk tempat honeymoon.

Pantai Nusa Dua ini sangat unik karena memiliki dua karang yang terpisah. Nama Nusa Dua diambil dari cerita rakyat Bali.

Dahulu pantai ini adalah darah tandus dan merupakan tempat buangan bagi mereka yang melakukan kesalahan di masyarakat. Lalu datanglah dua orang kesatria yang saat itu bertarung di pantai ini untuk merebut kekuasaan.

Namun sebelum bertarung mereka meletakkan pikulan mereka di pinggir pantai. Setelah mereka bertarung, ternyata kedua kesatria memiliki kemampuan yang sama hebatnya.

Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membagi kekuasaan. Pemisah daerah kekuasaan itu adalah barang pikulan mereka yang diletakkan di pinggir pantai sebelum kedua tesatria itu bertarung. Sejak saat itulah pantai ini disebut Pantai Nusa Dua.

Nusa Dua yang terletak di Kabupaten Badung bagian tenggara pulau Bali dapat menjadi tempat romatis berbulan madu. Hanya berjarak 40 kilometer dari kota Denpasar, akses menuju pantai Nusa Dua ini sangat mudah.

Perjalanan hanya perlu sekitar 20 menit dari pantai Kuta atau sekitar 30 menit dari bandara Internasional Ngurah Rai, pemandangan indah Nusa Dua bali sudah dapat Anda rasakan. Lokasi Pantai Nusa Dua ini juga sangat strategis karena dekat dengan beberapa objek wisata favorit lainnya seperti Dreamland, Tanjung Benoa, dan Uluwatu.

Nusa Bua Bali punya pantai bersih, langit cerah, angin sepoi-sepoi, laut biru dengan arus air yang cukup tenang serta hamparan pasir putih yang lembut.

Selain itu Pantai Nusa Dua tidak terlalu ramai dipadati wisatawan dan penjual asongan seperti pantai lainnya.

Dengan demikian, pantai ini sangat sempurna bagi Anda yang ingin menikmati bulan madu di tempat yang tenang untuk beristirahat dan bersantai di bawah matahari tropis, dengan pemandangan samudera Hindia yang berpadu cantik dengan pasir putih.

Nikmati saat-saat untuk rileks dan memanjakan diri, di sepanjang daerah Nusa Dua ini menyediakan fasilitas spa untuk merelaksasikan tubuh agar kembali fit.

Menambah suasana romantisme, Anda dapat menghabiskan sore dengan berjalan-jalan santai melewati jalan setapak menyusuri sepanjang Pantai Nusa Dua, sambil menunggu pemandangan matahari terbenam.

Menikmati sore hari dengan berjalan-jalan menyusuri pantai dengan cara yang berbeda, yaitu dengan mencoba naik unta yang akan membawa Anda berdua menyusuri sepanjang pantai Nusa Dua.

Untuk melengkapi perjalanan bulan madu, beragam aktivitas dapat Anda lakukan, apalagi pantai Nusa Dua memiliki berbagai fasilitas lengkap untuk dinikmati bersama pasangan Anda.

Bagi pecinta olah raga air yang menguji adrenalin beberapa permainan seperti banana boat, jet ski, flying fish, parasailing, dan lainnya dapat menjadikan perjalanan bulan madu Anda berbeda dan menyenangkan.

Deburan ombak yang tidak terlalu kencang menjadikan Nusa Dua tempat bermain olah raga air yang seru dan aman.

Bagi pencinta kuliner, dapat menikmati berbagai menu makanan yang bervariasi mulai dari restoran mewah sampai jajanan kaki lima yang menyajikan makanan khas Bali.

Kurang lengkap rasanya pergi berbulan madu tanpa berbelanja buah tangan. Di Nusa Dua, Anda dapat ‘berburu’ pakaian, makanan, aksesoris dan suvenir khas Bali, semuanya dapat dibeli di Bali Collection. Bali Collection jadi wilayah berbelanja seperti department store yang menjual segala jenis barang.

Nusa Dua tak pernah kehabisan menyuguhkan berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan para honeymooners. Salah satunya adalah Serangan.

Dari Nusa Dua, kita bisa menyewa perahu untuk menyeberang. Tak hanya melihat pemandangan pantai saja, mata akan takjub melihat kekayaan alam Indonesia karena pulau Serangan atau sering dikenal sebagai Turtle Island jadi kawasan konservasi penyu.

Di tempat ini, masyarakat setempat menjaga telur penyu dan memelihara penyu hingga berumur 20 tahun.

Kalau Anda beruntung, akan dapat menyaksikan pelepasan anak penyu yang baru menetas untuk dilepas kembali ke laut lepas. Mengunjungi pulau penyu ini dapat menjadi salah satu pengalaman menarik.

Tidak hanya dapat melihat sisi kekayaan alam Indonesia, kita juga dapat melihat kekayaan seni dan sejarah jika mengunjungi museum Pasifika yang sangat terkenal di Nusa Dua ini.

Mengunjungi tempat ini mata tentu akan terkagum dengan indahnya lukisan karya seniman Perancis, Indocina Peninsula, Polinesia dan Tahiti serta masih banyak lagi. Jadi tidak perlu jauh-jauh keluar negeri hanya untuk dapat melihat berbagai lukisan seniman kelas dunia di museum ini.

Untuk akomodasi selama berbulamadu Anda dan pasangan tidak perlu khawatir untuk mencari tempat penginapan. Di sepanjang pantai Nusa Dua berdiri banyak hotel dan resort berkelas internasional.

Pagi terasa cepat sekali datang, tentunya Anda ingin berada di Bali lebih lama lagi menikmati waktu berdua dengan pasangan.

Namun, rutinitas seperti biasa sudah menunggu. Sebelum meninggalkan Bali, nikmati terlebih dahulu suasana pagi dengan sarapan, sebelum akhirnya dijemput untuk kembali ke airport.

 

 

 

 

 

Berbagai sumber

Foto: ILoveIndonesia.com dan Berbagai Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here