Ciri Khas Pengantin Gorontalo: Dari Busana Hingga Aksesorinya

1
2400
pengantin gorontalo
Ilustrasi Pengantin Gorontalo - Foto Dito Jati Photography. Dok Mahligai

Pengantin Gorontalo terkenal akan pakaian adatnya yang mewah, megah yang mengandung nilai-nilai sejarah warisan leluhur mereka. Perpaduan antara budaya Portugis, Belanda, Cina, dan Islam tercermin dalam busana yang dikenakan baik mempelai pria dan mempelai wanita.

Masyarakat Gorontalo terkenal teguh memegang nilai-nilai tradisi budaya mereka. Terlihat dari aturan warna yang boleh dan tidak boleh digunakan dalam busana pernikahan. Sementara dalam pemilihan aksesori busana pengantin yang dipilih juga disesuaikan dengan status sosial sang pemangku hajat. Selengkapnya, berikut ini:

31. CIRI KHAS PENGANTIN WANITA

Mempelai Wanita Gorontalo – Foto Dito Jati Photography. Dok Mahligai

Busana kebesaran adat daerah Gorontalo yang dipakai pengantin wanita saat resepsi atau pesta perkawinan disebut Bili’u. Busana pengantin Gorontalo kaya akan berbagai perhiasan, yang sekaligus menunjukkan status sosial pemakainya. Busana mempelai wanita terdiri dari tiga bagian, yakni baju kurung lengan panjang atau disebut Galenggo; busana rok bagian dalam disebut Buluwa Lo Rahasia atau Oyilomuhu; dan busana paling luar yang bentuknya seperti kain penuh ornamen keemasan disebut Alumbu atau Bide.

Pada bagian dada dilapisi Kububu Lo Duhelo, yakni hiasan dada yang terbuat dari kain bludru hitam berlapis ornamen kuning keemasan. Bagian ujung lengan busana pengantin wanita mengenakan hiasan Peetu yang berwarna hitam berlapis keemasan, serta gelang-gelang berukuran besar terlihat megah dan mewah.

Detail perhiasan rambut dan kepala mempelai wanita tampak begitu rumit, megah, sekaligus unik. Hiasan kepala seperti mahkota seorang ratu, dengan hiasan bulu-bulu unggas warna merah muda dan putih. Uniknya, pada bagian belakang kepala terdapat hiasan seperti perisai panjang bersusun 5 ke bawah.

Back

1 COMMENT

  1. Tapi jaman sekarang udah pd tabrak2 pakem ya. Kmrn saya lihat ada yg pakai warna kematian (biru) untuk pernikahan.

LEAVE A REPLY