Mengenal Ragam Sunting Pengantin Minang

0
9280
Pengantin Minang
Ragam Pengantin Minang - Dok. Mahligai

Sunting atau suntiang telah populer dikenal sebagai ikon busana pengantin Minang. Bentuk sunting juga beragam. Selain berbentuk setengah lingkaran berukuran besar disebut Suntiang Gadang yang secara umum dipakai oleh pengantin Minang, juga terdapat sunting pengantin khas dari masing-masing daerah di Sumatera Barat.

Diantaranya Sunting Sungayang dari Tanah Datar, bentuknya menyerupai mahkota. Juga sunting bersusun menyerupai tanduk kerbau, digunakan pengantin dari daerah Sawah Lunto, Sijunjung, Solok Selatan, dan juga Solok.

Ragam Sunting

Ragam variasi sunting dan busana pengantin di Sumatera Barat menunjukkan sejumlah pengaruh dari luar yang telah melebur dengan budaya lokal Minangkabau. ‘’Biasanya, di wilayah pesisir selatan Sumatera Barat yang berdekatan dengan pantai, memiliki corak busana dan sunting lebih semarak, juga penuh ornament dan warna-warni,’’ ungkap Raizal Rais, desainer senior asal Sumatera Barat.

Nama sunting biasanya disertai dengan nama daerah yang menunjukkan nagari atau wilayah mana ia berasal. Sebutlah seperti sunting Pisang Saparak (dari nagari Solok Salayo), Sunting Pinang Bararak (dari nagari Koto nan Godang Payakumbuh), sunting Mangkuto (dari nagari Sungayang), Sunting Kipeh (dari nagari Kurai Limo Jorong), Sunting Sariantan (dari nagari Padang Panjang), Sunting Matua Palambaian, dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here