Ide Menarik untuk Dekorasi Pernikahan Etnik Betawi

0
48
pelaminan betawi nuansa kolonial
Pelaminan Betawi nuansa kolonial -

Tak dipungkiri, di tengah pembangunan Kota Jakarta yang kian pesat, keberadaan suku asli Betawi memang semakin terpinggirkan. Namun, bukan berarti sebagai keturunan Betawi Anda tidak bisa melestarikan budaya asli DKI Jakarta ini ya. Salah satu caranya adalah dengan mengusung konsep adat Betawi dalam acara pernikahan.

Sahabat Mahligai, tentu masih ingat dengan sinema televisi legendaris Si Doel Anak Sekolahan bukan?  Sinetron yang mengisahkan tentang kehidupan keluarga Betawi ini rasanya tetap menarik ditonton meskipun sudah ditayangkan berulang kali. Eits., tapi bukan jalan cerita si Doel yang akan kami ulas di sini. Melainkan suguhan ragam budaya dan adat Betawi yang disuguhkan dalam sinetron tersebut. Salah satu yang paling khas adalah rumah tempat Doel dan Nyak, Babe, Engkong, atau Mandra dan Atun biasa bercengkerama. 

Rumah Adat Betawi

dekorasi adat betawi
Dekorasi. Rumah Kampung Elite Decor by Fajar

Rumah adat Betawi yang ada dalam sinema televisi tersebut ternyata bisa menjadi ide menarik dekorasi pernikahan bagi pengantin yang mengusung adat Betawi. Anda bisa menghadirkan dekorasi beranda cantik a la Betawi untuk menyambut tamu undangan di hari istimewa.

Beranda tersebut bisa diisi furnitur seperti meja dan kursi kayu khas Betawi sebagai tempat menuliskan daftar hadir. Agar nuansa khas kampung Betawi semakin terasa, Anda juga bisa menambahkan beragam ornamen seperti kandang burung yang digantung pada tiang di depan bendara. Jangan lupa beri hiasan umbul-umbul bunga kelapa warna-warni menyempurnakan dekorasi pesta pernikahan Anda.

dekorasi adat betawi
(Kiri) Beranda ala Betawi – (Kanan) Furniture khas Betawi

Padu Padan Betawi dan Vintage 

Padukan adat Betawi dengan nuansa vintage melalui penggunaan benda-benda antik yang ditata dalam komposisi harmonis dan serasi. Selain bisa dipergunakan sesuai fungsinya, benda-benda vintage ini sekaligus bisa menjadi atraksi menarik sebagai centerpiece meja. Misalnya, penataan lemari kayu vintage dan koper bekas sebagai ornamen photobooth atau pemanfaatan lampu-lampu nuansa ‘jadul’ yang khas sebagai pemanis venue pernikahan.

piranti vintage
Piranti vintage – Dok. Majalah Mahligai

Dekorasi Betawi dan Nuansa Kolonial

Pada area pelaminan, Anda bisa mengadaptasi gaya kolonial sebagai dekorasi. Nuansa putih lengkap dengan pintu dan tirai besar sangat mencerminkan gaya kolonial yang khas. Tambahkan beberapa hiasan bunga untuk mempercantik dekorasi pelaminan.

pelaminan betawi nuansa kolonial
Pelaminan Betawi nuansa kolonial – Dekorasi Green Point Decoratiron

Kontemporer Etnik Pada Dekorasi Betawi

Eksplorasi warna-warna hangat seperti merah marun, terracotta, dan peach dipadukan dengan elemen etnik vintage warna coklat kayu; menghasilkan suasana klasik kontemporer yang seakan mampu menembus batas ruang dan waktu. Lihat saja penataan area yang bisa dijadikan lounge untuk bersantai para tamu undangan sembari menikmati pesta ini. Meskipun terkesan kontemporer, unsur Betawi tetap tercermin pada furnitur kursi kayu dan hiasan bunga kelapa warna-warni. Menarik!

dekorasi betawi
Dekorasi Rumah Kampung Elite by Fajar

Ornamen Unik yang Khas

Ondel-ondel mungkin menjadi ikon yang paling khas dari suku Betawi. Sepasang boneka raksasa ini merupakan simbol untuk mengusir roh jahat pada dahulu kala. Kini, ondel-ondel lebih sering hadir dalam perayaan besar seperti HUT DKI Jakarta. Anda bisa memanfaatkan ornamen khas ini untuk menegaskan pernikahan adat Betawi yang ingin diusung.

Jangan harap bisa menemukan kendaraan anti polusi ini di jalan besar Jakarta ya. Semenjak dilarang oleh pemerintah sejak tahun 1985, becak memang kian sulit ditemui. Di hari pernikahan nanti, Anda bisa memanfaatkan becak antik sebagai ornamen tambahan dekorasi. Selain sebagai dekorasi pernikahan, Anda pun dapat memanfaatkan becak sebagai kendaraan arak-arakan menuju tempat resepsi pernikahan.

Foto : Fiqih-Keker Photography, Angling
Teks. Tim Mahligai – Indonesia

 

LEAVE A REPLY