Begini Rupa Busana Kahiyang dan Bobby Saat Akad Nikah!

0
88
Akda nikah Kahiyang dan Bobby
Instagram/ selebgramkepri

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akhirnya resmi menjadi suami isteri setelah melangsungkan akad nikah yang digelar di Graha Saba Buana, Sumber, Solo. Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dipercaya menjadi saksi nikah untuk pernikahan putri semata wayang Presiden Joko Widodo ini.

Terlepas dari rasa haru dan bahagia yang melingkupi Kahiyang dan Bobby, busana pengantin yang dikenakan juga menjadi sorotan masyarakat. Tampak Kahiyang dan Bobby mengenakan busana pengantin Solo Putri. Mari kita bahas lebih mendalam ciri khas utama busana dan tata rias yang dikenakan Kahiyang dan Bobby.

Baca Artikel Ini: Ciri Khas Busana dan Tata Rias Pengantin Solo

Busana Kahiyang Ayu

Cantik dan anggun, Kahiyang mengenakan kebaya panjang hitam berbahan beludru yang merupakan ciri khas utama pengantin Solo Putri dan dipadukan dengan kain batik sebagai bawahan. Dan torehan paes di dahi menjadi hal penting dalam tata rias pengantin Solo. Paes sendiri merupakan ukiran hitam di dahi yang mempunyai bentuk khas dengan kandungan makna tersendiri. Baik pada pengantin Solo Putri maupun Solo Basahan, terdapat empat bentuk paes yang terdiri dari gajahan, pangapit, penitis, dan godheg.

Gajahan merupakan ukuran paes berupa lengkungan berbentuk bulat seperti telur bebek yang berada di bagian tengah dahi. Kemudian disamping kiri-kanan gajahan terdapat pengapit yang berbentuk lebih runcing. Sedangkan di sebelah kiri dan kanan pengapit terdapat penitis yang berbentuk seperti ujung telur ayam berukuran kecil. Urutan terakhir yang berada di pelipis disebut godheg – berbentuk seperti lengkungan bunga kantil.

Sementara untuk penataan rambut, pengantin Solo menggunakan sanggul mennyerupai bokor tengkurap. Tak lupa hiasan ronce melati, kembang goyang, dan pin rambut bernama sundhuk muntul.

Busana Bobby Nasution

Bobby terlihat gagah dan tampan mengenakan beskap beludru berwarna hitam. Beskap ialah semacam jas pria Jawa resmi dengan kerah yang tidak terlipat. Dalam tata busana pengantin Jawa Solo, beskap dipadankan dengan kain batik yang serupa dengan yang digunakan pengantin wanita.

Untuk hiasan kepala, mempelai pria mengenakan penutup kepala khas Jawa yang disebut blangkon. Sedangkan aksesori lainnya antara lain bros dada, kalung, serta keris ladrang berhias ronce.

Teks: Elsa Faturahmah

 

LEAVE A REPLY