Kahiyang Ayu Akan Jalani Prosesi Mangain. Apa Itu?

0
64
Lokasi Prewedding Kahiyang dan Bobby
Instagram/ allseasonsphoto

utri tunggal Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, besok (21/10/2017) akan menjalankan upacara mangain atau mangampu, yakni upacara pemberian marga pada seseorang yang berasal dari suku bangsa lain. Dengan begitu, Kahiyang pun akan resmi menjadi Haruan Boru. Sesuai aturan suku Batak, Kahiyang akan diberi marga yang sama dengan ibunda Bobby.

Pemberian marga menjadi salah satu ritual dari serangkaian adat pernikahan suku Batak. Seperti yang diketahui, Bobby Nasution berasal dari suku Batak Mandailing sedangkan Kahiyang berasal dari suku Jawa Solo.

Mangampu boru atau mangampu maen (menantu perempuan) menjadi boru suku Batak diajukan oleh mempelai laki-laki kepada tulang (paman) agar diterima sebagai boru ni tulang (putri angkat pamannya). Dengan kata lain, pengantin perempuan resmi menjadi anak paman dari pengantin pria dan sah sebagai boru (bermarga) yang sama dengan paman pengantin pria secara hukum adat. Karena Kahiyang akan diangkat oleh paman dari pihak ibunda Bobby Nasution, jadi kahiyang akan diberi gelar serupa dengan keluarga ibunda Bobby, Siregar.

Setelah upacara pemberian marga, akan digelar upacara adat selanjutnya pada tanggal 24 – 25 November 2017 di Medan, antara lain prosesi memotong kerbau, membunyikan gordang, manortor, menyambut kedatangan, siding adat, manortor tahap dua, membawa pengantin ke tapian raya, dan mangupa. Sedangkan tanggal 26 November 2017 akan digelar resepsi umum mulai pukul 09.30 hingga 16.00 WIB.

Baca Artikel Ini: Makna Filosofis dari Upacara Mangupa Pernikahan Adat Mandailing

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY