Kesempurnaan Adat Minang di Pernikahan Rafinska & Taruko

0
159
Rafinska & Taruko - Dok. Majalah Mahligai

Ruang resepsi megah dengan dekorasi nuansa emas dan sentuhan merah menjadi saksi kebahagiaan Rafinska dan Taruko. Momen istimewa yang telah dirancang sembilan bulan sebelumnya, pesta pernikahan dengan adat Minangkabau yang mengalir nyaris sempurna.

Diawali kirab adat pengantin Minang menuju pelaminan diiringi gendang tabuik meriah. Iringan mempelai disambut Tari Pasambahan–simbol ucapan selamat datang sekaligus ekspresi kegembiraan. Mengusung tradisi pengantin Minang adalah impian Finska dan Tara–nama panggilan pasangan yang sama-sama lulusan ITB ini. ‘’Kami senang setiap melihat Tari Pasambahan setelah kirab pengantin. Kita berdua berniat kalau saat nikah, harus ada penari-penari Minang yang menyambut kita dengan Tari Pasambahan itu. Akhirnya benar-benar terkabul, ’’ ungkap mereka.

minang
Dekorasi Minang – Dok. Majalah Mahligai
Dok. Majalah Mahligai

Dua tahun menjalin kasih Finska dan Tara berkomitmen menikah. Tak sulit menentukan tema, karena dua-duanya keturunan Minang. Diawali acara Batimbang Tando–saling bertukar benda pusaka keluarga pada awal tahun 2016, kemudian menikah di Maret 2016. Persiapan pun cukup melelahkan–karena dilakukan Finska dan Tara disela-sela kesibukan kerja. Namun, semuanya terbayar sempurna oleh rasa bahagia.

Meski Finska sempat jatuh sakit menjalani operasi usus buntu di H-3 pernikahan. Berkat kejasama semua pihak, seluruh acara tetap berjalan lancar. Dihadiri sejumlah pejabat dan tamu kehormatan, acara dimeriahkan alunan Street Violinist yang memainkan biola klasik kesukaan Finska.

Akad Nikah – Dok. Majalah Mahligai
pernikahan adat minangkabau
Prosesi Pernikahan – Dok. Majalah Mahligai

Pesta meriah adat Minang rupanya belum usai. Perayaan berlanjut di Batusangkar–daerah asal Ibu pengantin pria yang digelar Mei 2016. Yakni acara adat Manjalang Mintuo, juga resepsi yang dibarengi dengan tradisi Malapeh Pengantin dari Istano Silinduang Bulan, Batusangkar.

Vendor yang Terlibat

Venue & katering : Balai Kartini
Foto & video : The Portrait Photography
Tata rias : Irwan Riady
Busana pengantin : Sanggar Minang Djus Masri
Pelaminan & dekorasi : Sanggar Minang Djus Masri
Undangan : Duta Graphia, Pasar Tebet
Organizer & planner : Amaya Wedding
Musik & hiburan : Deo Entertainment

LEAVE A REPLY