Tiga Kreasi Undangan Pernikahan Berbahan Bambu

0
292
undangan
Ilustrasi - Dok. Mahligai

Selain berfungsi menyampaikan kabar bahagia pernikahan, kartu undangan juga seringkali merepresentasikan tematik resepsi pernikahan. Dalam pernikahan tradisional misalnya,  undangan bernuansa etnik bisa jadi pilihan untuk mempertegas kesan kedaerahan.

Sementara untuk detail ornamen, segala hal berbau alam dapat pula menambah romansa etnik yang diinginkan. Seperti ornamen bambu. Dengan sedikit imajinasi dan kreatifitas, tanaman serba guna ini dapat disulap menjadi berbagai bentuk kartu undangan unik.

Tanaman bambu atau dalam bahasa Cina, zhu, tak ubahnya seperti pohon kelapa yang setiap jengkal bagiannya dapat difungsikan. Mulai dari batang hingga daun. Sebagai tanaman yang memiliki banyak spesies, bambu memungkinkan para pengrajin untuk mengeksplorasi ide dan kekreatifan mereka.  Misalnya dari jenis bambu wulung dan putih, terciptalah alat musik seperti angklung yang terwujud dari beberapa batang bambu. Atau kreneng, anyaman dari serutan bambu yang serba guna sebagai wadah meletakkan belanjaan.

Atau bila ingin lebih unik, kreneng bisa dimodifikasi menjadi beberapa bentuk. Semisal bentuk botol sebagai wadah undangan. Atau, wadah CD yang menyerupai tempat jinjingan ayam hidup. Lebih bersahabat dengan alam bukan?

Botol Bambu

Bambu diserut sedemikian rupa hingga tercipta helaian-helaian yang dapat dianyam menjadi sebuah botol. Di dalam botol anyaman tersebut terselip undangan dengan berbagai corak. Unik!

Angklung Bambu

Selain cantik sebagai pajangan, batangan bambu yang dibelah hingga rongga bagian dalamnya terlihat ini juga bisa digunakan sebagai undangan. Rongga itulah yang digunakan untuk tempat meletakkan pesan dalam undangan. Lalu bila dilihat seksama, wadah undangan ini menyerupai salah satu alat musik dari Jawa Barat, angklung.

Sementara undangannya sendiri dapat dikreasikan dengan corak bermacam-macam seperti batik yang kemudian digulung diselipkan di dalam bambu. Bisa berupa kain ataupun kertas daur ulang. Di bagian    sisi luar tambahkan pernak-pernik sebagai pemanis

Sangkar Bambu

Perpaduan antara alami dan modernitas. Nuansa alami didapat dari serutan bambu dianyam sedemikian rupa hingga menyerupai sangkar. Dalam wadah, terselip undangan berbentuk compact disc merepresentasikan nuansa modern hingga menciptakan perpaduan harmonis.*

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

 

LEAVE A REPLY