Inspirasi Kue Pengantin Unik Bertema Etnik

0
1575
Kue Pengantin - Timothy Cake

Dalam tradisi Internasional, acara potong kue sering dijadikan momen puncak resepsi pernikahan. Namun bukan berarti pernikahan tradisional tidak bisa menghadirkan kue pengantin di tengah pesta. Kue pengantin dengan ornamen unik bertema etnik justru menjadi penghias unik yang mencitrakan keindahan tersendiri. Jika Anda tertarik, cobalah tengok kue pengantin unik yang terinspirasi dari etnik Nusantara berikut ini.

1. Hijau Pasundan

Inspirasi Kue Pengantin Adat Sunda – Dok. Majalah Mahligai

Corak hijau rasanya tepat untuk mewakili tanah pasundan. Kombinasikan warna hijau pastel dengan putih untuk memberi kesan elegan. Agar citra Sunda semakin kental, buat hiasan kue menyerupai ornamen janur.

2. Kue Pengantin Bertema Jawa

Kue Pengantin Tema Adat Jawa – Dok. Majalah MAHLIGAI

Ornamen Jawa ternyata tidak hanya sebatas diaplikasikan pada dekorasi pernikahan saja. Anda bisa menerapkan ornamen jawa seperti gunungan wayang, pilar joglo, hiasan miniatur loro blonyo, atau corak batik pada kue pengantin. Rasanya sangat disayangkan bila kue seunik ini harus berakhir di perut tamu undangan ya.

 

3. Kue Pengantin Bertema Etnik Batak

Kue Pengantin Bertema Batak – Dok. Majalah Mahligai

Bila selama ini topper cake atau hiasan puncak kue pengantin identik dengan sepasang pengantin mengenakan jas dan gaun, cobalah ubah mainset itu. Anda yang menggelar resepsi pernikahan tradisional bisa mengganti gaun dan jas pengantin pada topper cake dengan baju adat tradisional. Seperti dekorasi kue pengantin bernuansa merah-hitam berikut. Semakin semarang dengan hadirnya topper cake bergaya Batak toba dan corak tenun ulos yang tegas dan unik.

4. Pusako Rumah Gadang

Kue Pengantin Bertema Minang – Dok. Majalah Mahligai

Keistimewaan kue pengantin ini ada pada ornamen rumah gadang yang unik. Perpaduan biru turquoise dan hijau sebagai tema warna utama pun berpadu sempurna dengan hiasan pengantin gaya minang.

5. Seru Bunga Kelape

Kue Pengantin Bertema Betawi – Dok. Majalah Mahligai

Hadirkan semarak keceriaan pesta pernikahan tradisional adat Betawi Anda dengan ornamen khas bunga kelape pada puncak kue. Pilih warna putih nan elegan untuk menyeimbangi kemeriahan dalam dekorasi kue pengantin kali ini.

 

Kue Pengantin: Timothy Cake
Foto: Andri Cipto Utomo
Pengarah gaya: Floresnia Mona
Teks: Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here