Lima Kreasi Dekorasi Pelaminan Minang yang Inspiratif

0
4635
dekorasi pelaminan minang
Dekorasi Pelaminan Minang - Dok. Mahligai

Bisa dikatakan, pelaminan merupakan bagian krusial dalam dekorasi pernikahan. Tempat bersandingnya kedua mempelai ini akan menjadi area utama dalam serangkaian acara pesta pernikahan. Mulai dari tempat untuk melangsungkan beberapa prosesi adat hingga tempat berfoto kedua mempelai dengan para tamu undangan. Sehingga amat penting memastikan bahwa dekorasi pelaminan tertata apik.

Namun dalam dekorasi tradisional, selain memperhatikan sisi keindahan dekorasi pelaminan amat penting pula memastikan bahwa dekorasi yang dihadirkan sesuai dengan kaidah adat yang diusung. Pada dekorasi pernikahan Adat Minang misalnya, setidaknya ada beberapa hal esensial yang sebaiknya dihadirkan pada pelaminan adat Minang.

Salah satunya adalah penggunaan kain-kain bersulam emas atau perak dengan motif Minang yang dipergunakan sebagai tabir atau backdrop pelaminan. Konon, elemen dekoratif ini merupakan hasil pengaruh kebudayaan India dan Cina yang mulai masuk ke wilayah Minangkabau sejak abad ke-7. Selain itu, penggunaan kain sulam juga berkaitan dengan dengan keahlian orang Minang di bidang kerajinan sulam-menyulam yang telah menjadi tradisi turun menurun.

Ciri khas pelaminan Minang juga tercermin melalui bantal-bantal gadang (besar), penggunaan tirai atau langit-langit di atas tempat bersandingnya pengantin, dan penggunaan kelambu berlapis sebagai latar belakang tempat duduk pengantin.

Selain itu, yang juga membedakan pelaminan Minang dengan adat lain adalah penggunaan semacam bingkai di samping tempat duduk pengantin yang disebut galuang (galuang). Galuan ini memiliki berbentuk lengkungan mirip gapura yang biasanya dilapisi kain beberapa warna dan pada sisi-sisinya dilengkapi tonggak bambu berlapis.

Meskipun sebenarnya tidak ada ketentuan adat yang menetapkan bentuk pelaminan, namun hal esensial tersebut seolah menjadi ciri khas tersendiri dalam pelaminan Adat Minang. Jadi, selain memastikan dekorasi pelaminan khas Minang Anda tampak cantik, amat penting pula bahwa dekorasi pelaminan tak keluar dari pakem yang sudah ada.

Kehadiran para dekorator pun kian membantu calon pengantin mewujudkan dekorasi pelaminan yang diimpikan namun tidak melenceng dari dari ciri khas Minang. Bagi Anda yang berniat mengusung dekorasi khas Minang, berikut kami hadirkan lima kreasi karya para dekorator ternama yang bisa jadi inspirasi.

1. Rumah Bagonjong dalam Dekorasi Pelaminan Minang

dekorasi pelaminan minang
Inspirasi Dekorasi Pelaminan – Dekor by Des Iskandar/Mahligai

2. Nuansa Merah dan Perak dalam Dekorasi Pelaminan Minang

3. Bersanding di Pelaminan Minang yang Menawan

4. Dekorasi Pelaminan Minang Bernuansa Emas 

 

Teks. INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here