Selain Kahiyang Ayu, Selebriti Ini Juga Memilih Konsep Pernikahan Tradisional

0
150
Instagram | kahiyangayu

DI tengah gempuran pernikahan Internasional, konsep pernikahan bergaya tradisional tetap memiliki tempat tersendiri bagi pasangan pengantin di Indonesia. Tak terkecuali beberapa selebriti Indonesia yang tetap memasukan unsur tradisional pada hari bersejarah mereka.

Para pesohor ini pun membuktikan kalau pernikahan mereka tetap terlihat menakjubkan dalam balutan nuansa tradisional yang kental. Siapa saja ya selebriti tersebut?

1. Pernikahan Bergaya Jawa Klasik Vicky Shu dan Ade Imam

dekorasi pernikahan
Dekorasi Nuansa Perkampungan Jawa – Instagram | djatifarhan

Vicky Shu dan Ade Imam akhirnya meresmikan jalinan cinta mereka dalam sebuah pernikahan yang digelar di Taman Lumbini Candi Borobudur. Kecintaan Vicky pada hal-hal berbau adat membuat penyanyi berusia 30 tahun ini pun mengaplikasikan nuansa adat pada tiap detail pernikahannya. Untuk konsep pemotretan foto dan video pre wedding misalnya, Vicky dan Ade memilih nuansa tempo dulu dengan tema Jawa yang kenal.

Pada akad dan resepsi pernikahan, nuansa Jawa juga terlihat pada busana pengantin yang dipilih dan dekorasi pernikahan. Tema Jawa klasik yang diusung pasangan ini pun semakin sempurna dengan pilihan venue pernikahan outdoor yang digelar di taman dengan pemandangan Candi Borobudur yang megah dan mengagumkan.

2. Prosesi Sunda dalam Pernikahan Raisa dan Hamish

ngeuyeuk seureuh
Instagram | Thebridestory

Raisa dan Hamish juga menjadi pasangan yang merayakan hari bahagia mereka dengan prosesi tradisional. Beberapa hari sebelum akad nikah, Raisa dan Hamish menggelar ritual Ngeyeuk Seureuh yang khas dari prosesi pra pernikahan adat Sunda.

Ngeyeuk seureuh sendiri bisa diartikan sebagai prosesi meminta doa restu oleh calon mempelai kepada orangtua masing-masing yang disaksikan sanak keluarga. Dalam prosesi ini pula kedua orangtua akan memberikan nasihat kepada anaknya melalui lambang benda-benda yang ada dalam prosesi ini.

Selain prosesi Ngeyeuk Seureuh, adat Sunda juga tercermin pada prosesi akad nikah pasangan selebriti ini. Dalam balutan busana khas pengantin Sunda Siger dari Vera Kebaya Raisa tampil cantik dan bersahaja. Pun dengan Hamish yang juga tampil dengan busana beskap berwarna putih yang membuatnya terlihat gagah.

3. Prosesi Adat Pernikahan Momo Geisha dan Reza

Momo Geisha dan Reza adalah pasangan yang berasal dari dua daerah berbeda. Momo adalah wanita keturunan Batak Toba, sedangkan Reza pemuda asal Jawa. Maka tak heran selain menggelar resepsi bergaya Internasional, pasangan ini juga memberi sentuhan tradisi Jawa dan Batak Toba dalam pesta mereka.

Sehari sebelum pernikahan, pasangan yang juga beda profesi ini mengadakan ritual siraman khas pengantin Jawa. Meskipun Momo sempat kikuk saat menjalani ritual siraman, namun Ia mengaku senang melakukan prosesi ini.

Sedangkan pada prosesi adat Batak Toba, Momo dan Reza menggelar ritual mangadati (pesta pernikahan adat yang tertunda). Dalam acara yang digelar di Pekanbaru, Riau tersebut, Momo tampil memakai baju bernuansa merah lengkap dengan aksesori kepala dan rangkaian bunga melati khas pengantin Batak. Sedangkan sang suami tampil dengan setelan jas lengkap dengan topi khas Batak.

4. Pernikahan Mytha Lestari dan Barry Maheswara

Menjadi pengantin Jawa adalah salah satu impian Mytha Lestari. Bersyukur impian tersebut pun terwujud di hari pernikahannya dengan Barry Mahesawara yang digelar pada Minggu, 5 November 2017.

Sehari sebelum hari pernikahan, Mytha juga menjalani prosesi siraman yang berlangsung sakral. Melalui foto-foto yang diunggah Mytha di akun Instagramnya, Ia tampak mengenakan kain berwarna hijau dan untaian bunga melati di pundaknya.

Sedangkan saat hari pernikahan, pasangan yang sudah menjalin kasih selama dua tahun ini terlihat mengenakan busana tradisional Jawa berwarna putih. Dalam pesta pernikahan yang digelar secara outdoor di daerah Bogor, Mytha dan Barry pun resmi menjadi sepasang suami-istri.

5. Pernikahan adat Jawa Solo Kahiyang dan Bobby

Prosesi pernikahan menggunakan adat Jawa Solo juga dilakukan oleh Kahiyang Ayu (Putri dari Presiden Joko Widodo) dan Bobby Nasution. Setelah mengunggah beberapa foto pre wedding  romantis melalui akun Instagramnya, @ayanggkahi yang kabar pernikahan dua sejoli ini pun semakin santer terdengar. Selain menggelar prosesi pernikahan secara adat Jawa Solo, Kahiyang dan Bobby juga menggelar resepsi secara adat Batak sesuai keluarga pihak pria. (*)

 

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY