Wah! Ini 5 Poin Penting Pelaminan Minang Jadi Keren

0
105

Asyiknya dekorasi pelaminan pernikahan nusantara di Negeri Indonesia ini adalah banyak ragamnya! Termasuk pelaminan Minang. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Ya, jika kita ingin mengusung tema Minangkabau dalam pesta pernikahan. Tentu saja banyak poin yang wajib diperhatikan.

Sentuhan gaya modern memang kerap dipakai untuk dekorasi pesta pernikahan tradisional Minang. Tapi khusus untuk pelaminan pernikahan Minang,  ada beberapa elemen dekor yang harus diperhatikan.

Silahkan dicek apa-apa saja …

 

1. Kain-kain bersulam benang emas

Dekor pernikahan tanpa kain hiasan tentu saja menjadi kering makna. Apalagi untuk pernikahan tradisional seperti pernikahan Minang.

Nah, dekor kain bermotif ukiran Minang ini dipergunakan baik untuk tabir atau backdrop maupun untuk hiasan di bagian pelaminan lainnya.

 

 

2. Bantal-bantal gadang

Setiap dekor penikahan pastinya mempunyai ornamen-ornamen tertentu sebagai ciri khasnya.

Nah, di pelaminan Minang biasanya ada bantal-bantal sebagai ornamen.

Ornamen bantal-bantal ini ditempatkan di bilik utama maupun bilik pendamping di sisi kanan atau kiri bilik utama.

 

Baca Tampil Menawan dengan Busana Pengantin Adat Cirebon

 

3. Tirai dan Langit-Langit

Tirai atau langit-langit di atas tempat bersandingnya pengantin jadi poin penting juga. Mengingat pada langit-langit pelaminan tersebut harus digantung ornamen-ornamen mainan angkin dan karamalai khas Minangkabau yang berbentuk lidah-lidah menyerupai dasi warna keemasan.

 

 

4. Latar tempat duduk pengantin ada kelambu berlapis.

Ya, jumlah kain kelambu lapisnya bisa 3, 5, atau 7 lapis –sebagai penanda status sosial dari keluarga sang mempelai. Makin besar atau banyak lapisnya –yang penting jumlahnya harus ganjil, pertanda status sosial sang pengantin dari kalangan berada atau kalangan keturunan bangsawan atau puti-puti.

Jangan lupa, di balik kelambu berlapis juga sertakan bantal-bantal kecil sebagai hiasan yang akan menciptakan suasana semarak penampilan dekorasi pelaminan khas Minang.

 

Baca Yuk, Kenali Jauh Momen Ngunduh Mantu Pengantin Jawa

 

5. Galuang

Jangan sampai melupakan galuang alias semacam bingkai di samping tempat duduk.

Disebut ‘Galuang’ karena bentuknya yang melengkung mirip gapura. Tapi sekarang sudah divariasi bentuknya tidak lagi melengkung, yang menandakan perhelatan kaum bangsawan.

Galuang ini biasanya dilapisi kain yang dijalin beberapa warna dan pada sisi-sisinya dilengkapi tonggak bambu berlapis.

 

Meski ada deretan poin di atas sebagai rambu-rambu acuan dekor pelaminan, bukan berarti membatasi keinginan mempelai untuk bisa berkreasi sesuai dengan dekorasi pesta impiannya.

Dengan inovasi dan kreasi baru, tentu bisa menyertakan atribut tambahan yang akan mempercantik pelaminan.

Misalnya, kita bisa meminta dekorator untuk menambahkan atribut pemanis, seperti sepasang payung kuning yang biasa dipajang di samping kiri dan kanan pelaminan.

Kita bisa menaruh dulang-dulang yang berhias kain sulam keemasan, penambahan bilik-bilik atau penempatan lumbung padi di kiri-kanan pelaminan.

 

 

Tim Mahligai-Indonesia

Foto: Des Iskandar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here