4 Ide Dekorasi Pernikahan dengan Ornamen Adat Khas Sumatera

0
163
dekor pelaminan khas palembang

Pengantin Sumatera selalu identik dengan kemegahan akan tata rias dan gaya busana. Warna-warna bold dan mencolok seperti emas atau merah kerap menjadi pilihan untuk menampilkan kemewahan ala suwarnadipa. Untuk mengimbangi kemewahan tata rias dan gaya busana pengantin Sumatera, Anda juga bisa menampilkan sisi mewah melalui dekorasi pernikahan.

Berikut kami hadirkan beberapa ide dekorasi khas asal Sumatera yang menakjubkan karya dekorator handal Indonesi.

1. Ide Rumah Bolon untuk Dekorasi Adat Batak

dekroasi adat batak
Dekorasi Adat Batak – Dok. Mahligai

Rumah adat yang disebut rumah bolon ini memiliki konsep-konsep yang mengambarkan peradaban manusia secara utuh dan total. Menurut kepercayaan masyarakat Batak, rumah ini terbagi ke dalam tiga bagian yang mencerminkan dunia atau dimensi yang berbeda-beda.

Rumah bolon memiliki konsep rumah panggung yang disangga beberapa tiang penyangga. Demikian pula tipe khas atap rumah yang melengkung serta bagian depan dilekatkan tanduk berbau kerbau. Ini bisa menjadi salah satu inspirasi ornamen untuk dekorasi pesta pernikahan adat Batak yang Anda usung.

2. Nuansa Emas dan Perak dalam Pelaminan Adat Minang

dekorasi pelaminan minang
Dekorasi Pelaminan Minang – Dok. Mahligai

Pelaminan khas Minang berikut bisa jadi inspirasi untuk Anda yang bosan dengan sentuhan emas. Palet warna perak dan merah pada pelaminan khas Minang berikut memberi sentuhan modern namun tidak meninggalkan kesan mewah. Selain soal estetika, dalam pelaminan adat Minang Anda juga perlu memperhatikan beberapa pakem dalam dekor pelaminan.

Misalnya saja penggunaan kain-kain bersulam dengan motif Minang yang dipergunakan sebagai tabir atau backdrop pelaminan. Konon, elemen dekoratif ini merupakan hasil pengaruh kebudayaan India dan Cina yang mulai masuk ke wilayah Minangkabau sejak abad ke-7. Meskipun sebenarnya tidak ada ketentuan adat yang menetapkan bentuk pelaminan, namun hal esensial tersebut seolah menjadi ciri khas tersendiri dalam pelaminan Adat Minang.

3. Inspirasi Siger 9 Ruas untuk Dekorasi Lampung

dekorasi adat lampung
Dekor by Soeryanto Dekor – Dok. Mahligai Indonesia

Siger 9 ruas merupakan lambang persatuan Lampung Pepadun sekaligus mewakili 9 sungai besar yang ada di Lampung. Sedangkan burung garuda melambangkan kegagahan atau kewibawaan. Anda bisa menghadirkan simbol khas Lampung ini sebagai sentuhan dekorasi pernikahan. Seperti pada dekorasi yang terinspirasi dari Soeryanto Dekor berikut.

Siger ditampilkan pada di ruang resepsi sebagai latar belakang pelaminan yang terlihat begitu mewah dengan sentuhan emas. Ornamen siger ini juga hadir pada beberapa sudut venue pernikahan lain seperti arena pintu masuk dan ruang VIP. Selain siger ornamen khas Lampung lain seperti kain tapis dan ukiran juga bisa diaplikasikan pada dekorasi pernikahan adat Lampuung.

4. Mahkota Kerajaan Sriwijaya dalam Dekorasi Khas Palembang

dekor pelaminan khas palembang
Dekor by Watie Iskandar – Dok. Mahligai Indonesia

Dekorasi pelaminan menjadi daya tarik utama dalam sebuah tata ruang dekorasi pernikahan, Hal itulah kenapa gaya arsitektur latar panggung pelaminan menjadi elemen paling utama untuk menciptakan suasana yang diinginkan. Seperti pada dekorasi dari Watie Iskandar Dekor berikut. Atribut replika mahkota berukuran besar yang diletakan pada bagian puncak pelaminan terlihat sangat menakjubkan. Tak ketinggalan detail ornamen khas gaya Melayu- Sriwijaya yang menjadi statement sekaligus mempertegas kemegehan dekorasi Palembang.(*)

Teks dan Foto Dok. Mahligai

 

LEAVE A REPLY