Tips Dekorasi Pernikahan Bergaya Lawas dan Vintage

0
67
Dekorasi Pernikahan Vintage
Dok. Mahligai Indonesia/ Elsa

Ingin pernikahan penuh suasana nostalgia? Pernikahan merupakan saat terindah dan istimewa untuk merayakan bersatunya asmara. Bila suasana nostalgia menjadi tema pernikahan pilihan Anda, maka jangan pernah ragu untuk mewujudkannya secara total, setiap detail perlengkapan pernikahan harus saling bersinergi sehingga mampu berbicara mengekspresikan tema secara keseluruhan.

Tak perlu berkerut kening memikirkan bagaimana untuk memulainya. Berikut kami uraikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan, sehingga impian pernikahan bernuansa nostalgia bisa Anda wujudkan secara sempurna.

Benda Bersejarah

Dekorasi Pernikahan Vintage
Dok. Mahligai Indonesia

Kumpulkan benda-benda ‘bersejarah’ yang cukup berarti dalam perjalanan hidup Anda. Coba ‘bongkar’ gudang atau lemari tempat menyimpan benda-benda lama. Dan kemudian, bisa dipergunakan sebagai ‘bagian’ dari perlengkapan pernikahan Anda. Misalnya, satu set piranti meja dan piring antik koleksi nenek bisa menjadi pajangan untuk menghiasi meja konsol di tenda tamu VIP. Bahkan, meja marmer kuno koleksi keluarga bisa dipergunakan untuk menempatkan nasi tumpeng atau perlengkapan acara adat lainnya.

Nuansa Nostalgia

Dekorasi dengan nuansa nostalgia tentunya memiliki atmosfer yang hangat dan romantis, sehingga buatlah daftar benda-benda apa saja yang cukup ‘dekat’ dengan keseharian dan kesukaan Anda, di saat-saat mood Anda sedang dilanda romansa asmara. Dengan demikiann, pesta pernikahan benar-benar merefleksikan kepribadian Anda bersama pasangan.

Benda Antik

Nostalgia memang tak terpisahkan dengan sesuatu yang antik dan vintage. Bukan berarti seluruh elemen pesta harus menampilkan serba kuno atau vintage, karena pesta Anda malah akan terkesan seperti museum. Cukup berikan beberapa elemen antik dalam pernikahan Anda, tanpa harus meninggalkan kesan modern.

Warna Lembut

Tema nostalgia yang membangkitkan kesan vintage romantis biasanya tak terlepas dari keberadaan bunga mawar berwarna lembut, kain lace renda-renda warna broken white atau gading, maupun kain sutra bermotif klasik. Pertimbangkan ini menjadi bagian utama dalam detail perlengkapan pernikahan Anda.

Dekorasi Pernikahan Vintage
Dok. Mahligai Indonesia/ Elsa

Foto

Foto dapat berbicara seribu kata. Wujudkan suasana nostalgia melalui galeri foto-foto bersama pasangan dengan gaya atau pose vintage. Tempatkan foto-foto ‘kuno’ Anda di beberapa area ruangan resepsi. Bila perlu, sertakan foto vintage Anda bersama pasangan di lembar kartu undangan, suvenir, maupun buku penerima tamu.

Tata Rias

Makeup merupakan bagian terpenting yang akan mencitrakan penampilan. Berikan kesan ‘klasik’ pada tata rias di hari H, melalui warna perona mata yang lembut, bulu mata dramatis, serta warna kuat dan berani untuk pemulas bibir. Sepasang mata smokey klasik cokelat dan krim adalah cara yang bagus untuk memiliki mata Anda tampak halus, namun glamor! Eyeliner dan mascara hitam serta pemulas pipi warna peach akan menjadi teman terbaik Anda untuk menjelmakan penampilan tempo doeloe.

Penataan Rambut

Tata rambut merupakan bagian yang bersinergi dengan riasan wajah Anda. Gaya klasik rambut disisir ke belakang, dengan aksen bagian poni atau samping bergelombang, serta rambut bagian belakang dibuat sanggul agak tinggi bervolume, serta sematkan aksesoris rambut berornamen kuno yang akan menjelmakan tampilan vintage glamour.

Perhiasan warisan

Perhiasan warisan bisa menjadi bagian yang sangat personal untuk sebuah acara besar pernikahan. Dalam tradisi Timur, seperti Indonesia, mengenakan perhiasan ‘warisan keluarga yang telah digunakan secara turun-temurun akan memiliki makna tersendiri untuk penampilan istimewa. Misalnya, menggunakan kalung mutiara kuno atau tusuk konde bertahtakan intan atau ornament art deco warisan nenek, akan menciptakan kenangan dan kebanggaan tersendiri bagi Anda dan keluarga.

Dekorasi Pernikahan Vintage
Dok. Mahligai Indonesia/ Elsa

Dekorasi

Ruangan pesta atau resepsi dengan menampilkan warna kalem dan lembut, sejumlah lilin dan tanaman atau floral termasuk bunga warna hijau, dan juga lampu gantung dengan pendaran cahaya lembut berkilau menjadi elemen wajib untuk menciptakan aura romantis nostalgia.

Piranti Kuno

Sertakan piranti kuno sebagai bagian yang menghias ruangan atau meja konsol, seperti jambangan bunga etnik keramik atau kuningan, padukan dengan rangkaian janur dan bunga-bunga khas Nusantara.

Piranti Bekas

Tebarkan suasana vintage pada piranti perlengkapan resepsi, dengan memanfaatkan ‘barang bekas’ yang sepele namun unik. Misalnya, sematkan bros berukir usang – yang mungkin jarang dipakai mama atau nenek Anda, sebagai aksen pada buku menu acara resepsi.

Kain Etnik Lawas

Beberapa kain etnik lawas akan memberikan sentuhan etnik yang berbeda pada perlengkapan pernikahan Anda. Misalnya, pergunakan kain batik bermotif lawasan yang dipadukan dengan renda untuk menghiasi centerpiece meja, atau dibuat menjadi aksen pada kartu penerima tamu.

Jajanan Tempoe Doeloe

Menyajikan penganan atau jajanan tempoe doloe – yakni kini mulai jarang ditemui, adalah cara mudah untuk membawa Anda (dan ruangan resepsi dengan menampilkan toples kuno berisi permen atau penganan tempoe doeloe, atau ditata di dalam ember alumunium. Sertakan perangkat etnik kuno, seperti lampu etnik atau lesung kayu sebagai meja saji, untuk menguatkan suasana nostalgia.

Teks: Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY