5 Hal Esensial Dekorasi Pelaminan Minang

0
6863
Dok. Mahligai

Ingin mengusung tema Minangkabau dalam pesta pernikahan? Walaupun sentuhan gaya modern kini jamak dipakai untuk dekorasi pesta pernikahan tradisional, namun ada beberapa elemen dekoratif yang ‘wajib’ ada dalam pelaminan pengantin Minang.

Inilah hal-hal esensial dalam dekorasi pesta Minang yang tak bisa diabaikan, sehingga layak diberi predikat pelaminan adat Minangkabau.

1. Menggunakan kain-kain bersulam benang emas bermotif ukiran Minang yang dipergunakan baik untuk tabir atau backdrop maupun untuk hiasan di bagian pelaminan lainnya.
2. Menyertakan bantal-bantal gadang (besar) yang ditempatkan di bilik utama maupun bilik pendamping di sisi kanan atau kiri bilik utama.

Dekorasi Pelaminan Minang
Bilik Pelaminan – Mahligai

3. Terdapat tirai atau langit-langit di atas tempat bersandingnya pengantin. Pada langit-langit pelaminan tersebut juga digantung ornamen-ornamen mainan angkin dan karamalai khas Minangkabau yang berbentuk lidah-lidah menyerupai dasi warna keemasan.

Dekorasi Pelaminan Minang
Bilik Pelaminan dengan Tirai Sulam Emas – Mahligai

4. Latar belakang tempat duduk pengantin diletakkan kelambu berlapis. Jumlah kain kelambu lapisnya bisa 3, 5, atau 7 lapis –sebagai penanda status sosial dari keluarga sang mempelai. Makin besar atau banyak lapis kelambu –yang penting jumlahnya harus ganjil, pertanda status sosial sang pengantin dari kalangan berada atau kalangan keturunan bangsawan atau puti-puti. Di balik kelambu berlapis juga disertakan bantal-bantal kecil sebagai hiasan yang akan menciptakan suasana semarak penampilan dekorasi pelaminan khas Minang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here