6 Ragam Mahkota Pengantin Adat, Berat Tapi Memukau

0
762
Mahkota Pengantin Adat - suntiang - pengantin minang
Dok. Bella Donna

Indonesia memiliki ragam riasan pengantin yang cantik sekaligus melambangkan keagungan budaya negeri. Ya, setiap daerah memiliki gaya busana serta riasan pengantin yang berbeda dan dilengkapi dengan mahkota yang memiliki ragam bentuk pula. Nah, untuk Anda yang ingin melangsungkan pernikahan adat, tentu ingin tahu bagaimana rupa riasan yang akan dikenakan? Simak artikel di bawah ini!

Pengantin Yogyakarta Puteri

Mahkota Pengantin Adat - aesan gede aesan pasangkong - pengantin Yogya Puteri - Jogja Putri
Dok. Bella Donna

Pengantin Yogyakarta puteri bisa dibilang memiliki mahkota yang simpel dan cukup ringan, yakni sebuah cunduk mentul dan gunungan. Selain itu, pengantin Yogyakarta pUteri juga menggunakan sanggul ukel tekuk dengan sunggar dan lungsen (sambungan) untuk mengikat sanggul dengan rambut. Untaian ronce usus dan bunga mawar merah berbahan beludru juga menambah kecantikan pengantin Yogyakarta puteri. Tak lupa paes yang menjadi hal penting dalam riasan Yogyakarta Puteri. Meski terlihat ringan, namun hiasan kepala ini bisa memiliki berat 1 – 1.5 kg, lho.

Baca Artikel Ini: Ragam Rias Pengantin Gaya Yogyakarta

Pengantin Sunda Siger

Mahkota Pengantin Adat - aesan gede aesan pasangkong - pengantin Sunda Siger
Instagram/ barry_irawan

Mahkota berupa siger menjadi ciri khas yang bisa langsung dikenali dari pengantin Sunda. Selain itu, hiasan kepala lain yang harus dikenakan adalah kembang tanjung, kembang goyang, dan juga ronce melati. Hiasan kepala ini melambangkan kebijaksanaan, rasa hormat, dan kearifan yang harus dijadikan prioritas dalam pernikahan. Kombinasi riasan kepala ini beratnya diperkiakan sekitar 1.5 – 2 kg.

Pengantin Mandailing

Mahkota Pengantin Adat - aesan gede aesan pasangkong - pengantin Mandailing - Balung - Kahiyang Ayu
Instagram/ barry_irawan

Nah, Anda tentu masih terngiang dengan pernikahan adat Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution bukan? Selain melangsungkan pernikahan adat pengantin Solo, ketika di Medan keduanya menjalankan pernikahan adat Mandailing. Terlihat kahiyang mengenakan bulang emas, yakni mahkota bertingkat khusus pengantin perempuan adat Mandailing.

Susunan mahkota konon bergantung dengan status sosial dan jumlah hewan yang dikorbankan oleh pihak mempelai. Zaman dulu, bulang emang terbuat dari emas murni dan beratnya bisa mencapai 8 kg. Namun sekarang bulang terbuat dari campuran logam yang lebih ringan. Seperti yang dikenakan kahiyang beberapa waktu lalu yang hanya memiliki berat sekitar 7 ons. Biasanya pemakaian bulang dipasangkan dengan bunga melati.

Pengantin Bali Agung

Mahkota Pengantin Adat - aesan gede aesan pasangkong - pengantin Bali Agung
Instagram/ dianpranitas

Riasan pengantin khas Bali ini menggunakan mahkota yang disusun dari bunga sandat berwarna emas yang ditusukkan ke rambut dalam jumlah banyak. Beratnya pun bisa mencapai 3.5kg.

Pengantin Palembang

Mahkota Pengantin Adat - aesan gede aesan pasangkong - pengantin palembang
Dok. Bella Donna

Dalam budaya Palembang, ada dua jenis riasan pengantin yang paling sering dikenakan oleh masyarakat, yakni aesan gede dan aesan pasangkong. Masing-masing memiliki ciri khas yang melambangkan kecantikan dan keanggunan perempuan Palembang. Normalnya, berat mahkota Palembang bisa mencapai 3 – 3.5 kg. Namun, saat ini kerap ditemukan riasan kepala pengantin Palembang dengan banyak penambahan yang tak perlu, misalnya menggabungkan riasan gede dengan pasangkong yang tentunya akan membuat kepala menjadi lebih berat.

Baca Artikel Ini: Kupas Pernikahan Palembang Bersama Zainal Songket, dari Prosesi Hingga Busana Pengantinnya

Pengantin Minang

Mahkota Pengantin Adat - suntiang - pengantin minang
Dok. Bella Donna

Salah satu mahkota pengantin yang paling berat adalah suntiang. Apakah kamu memiliki darah Minang atau ingin menikah dengan adat Minang? Ya, pengantin Minang diharuskan menggunakan suntiang gadang – kecuali Minang Koto Gadang –  yang memiliki paling rendah tujuh tingkatan, bahkan ada yang sampai 11 tingkatan, lho. Beratnya pun bisa 5 – 6 kg.

Baca Artikel Ini: Mengenal Ragam Sunting Pengantin Minang

Teks: Elsa Faturahmah

 

LEAVE A REPLY