Ragam Inspirasi Bunga Lokal untuk Pernikahan

0
468
Dok. Bella Donna The Wedding

Kurang lengkap rasanya bila pesta pernikahan tanpa sentuhan elemen bunga. Entah itu bunga yang digunakan sebagai buket pengantin, dekorasi pernikahan, maupun pelengkap prosesi. Keberadaan bunga-bunga nan cantik di pesta pernikahan pun sekaligus membuat ambience pernikahan semakin indah dan romantis.

Akhir-akhir ini bunga import seperti hydrangeas atau baby’s breath mungkin lebih populer digunakan untuk acara pernikahan. Padahal, di Indonesia sendiri banyak sekali jenis bunga lokal yang tak kalah cantik dengan bunga import. 

Selain itu, memilih jenis bunga lokal untuk pernikahan tentu akan lebih hemat dari sisi anggaran. Jadi langsung saja kita lihat beberapa jenis bunga lokal untuk hari pernikahan yang dilansir dari Majalah Bella Donna The Wedding berikut ini:

Melati

Bunga dengan wangi yang khas ini merupakan salah satu puspa bangsa atau simbol nasional bangsa Indonesia. Untuk pernikahan, melati memang lebih lazim dipakai untuk pernikahan tradisional. Seperti sebagai pelengkap upacara adat maupun aksesori pengantin.

Bunga Jengger Ayam

gambar bunga lokal
Gambar (1) Jengger Ayam. (2) Mini Calla Lily (3) Sedap Malam (4) Dendrathema – Dok. Bella Donna The Wedding

Bunga dengan nama latin Celosia cristata L ini juga lebih akrab disebut jengger ayam. Sesuai namanya, keunikan bunga ini ada pada bentuknya yang mirip daging merah yang ada di kepala ayam. Selain dikenakan sebagai hiasan taman, bunga jengger ayam ternyata juga manfaat untuk kesehatan seperti obat anti radang dan keputihan. Untuk acara pernikahan, Anda bisa memanfaatkan bunga jengger ayam sebagai variasi buket pengantin atau boutonnieres untuk si pengantin pria.

Mini Kala Lili (zantedeschia)

Kala lili merupakan jenis bunga impor yang lazimnya tumbuh di dataran Afrika Tengah, Asia Selatan, hingga wilayah Mediterania. Bentuknya yang unik dan warna putih yang elegan, menjadikan kala lili sebagai salah satu bunga favorit untuk pernikahan. Tak heran, jika kala lili tergolong jenis bunga yang berharga mahal.

Namun tak perlu risau! Anda bisa memilih versi bunga lokal dari kala lili seperti bunga mini kala lili. Berbeda dengan kala lili yang umumnya berwarna putih, mini kala lili punya varian warna yang lebih beragam. Untuk pernikahan Anda bisa memanfaatkan mini kala lili sebagai dekorasi, centerpiece, maupun buket pengantin.

Sedap Malam (Polianthes tuberose)

Wanginya khas dan umumnya mekar pada malam hari merupakan ciri khas dari bunga lokal ini. Harum pada bunga sedap malam ini pula yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan dan meningkatkan gairah seksual seseorang.

Biasanya, bunga sedap malam akan menjadi bagian dalam dekorasi pelaminan atau hiasan pada area taman depan panggung pelaminan. Jika Anda berminat memilih bunga sedap malam, sebaiknya pilih yang masih kuncup agar lebih tahan lama selama hari pernikahan.

bunga lokal
Gambar (5) Dendrabium (6) Chrysanthemum (7) bunga mawar hitam (8) gerbera – Dok. Bella Donna The Wedding

Bunga Krisan

Tanaman perdu ini sangat sering digunakan dalam berbagai acara. Bentuk yang cantik dan warna yang beragam sangat mudah diaplikasikan dalam berbagai bentuk.  Tidak hanya itu, berdasarkan Feng Shui, bunga Krisan memiliki makna keceriaan, optimis, dan dipercaya membawa kebahagiaan dan tawa di dalam keluarga. Dalam pernikahan, bunga krisan diaplikasikan sebagai dekorasi, maupun buket pengantin.

Dendranthema

Satu lagi jenis lain bunga Krisan yang bisa Anda pilih. Dendranthema ini bisa dikatakan merupakan nama lain dari chrysanthemum. Hanya saja jenis bunga ini memiliki perbedaan pada ukuran yang lebih lebih kecil.

Mawar

Seperti jenis anggrek, mawar juga memiliki beragam jenis yang banyak tersebar di belahan dunia bagian utara. Sementara di Indonesia, jenis mawar yang paling populer diantaranya adalah jenis Hybrid Tea dan Medium. Anda bisa memilih jenis mawar putri yang memiliki warna merah pekat, mawar mega putih, atau mawar thalita yang berwarna oranye.

Anggrek Dendrobium

Tahukah Anda kalau anggrek merupakan bunga dengan spesies terbanyak di dunia? Bunga yang tergolong puspa nasional ini ternyata juga cocok digunakan untuk pernikahan. Anda bisa menggunakan jenis salah satu jenis bunga anggrek Dendrobium sebagai hiasan untuk dekorasi pernikahan. Selain tersedia dalam berbagai varian warna seperti putih, kuning, kehijauan, dan ungu, harga dari jenis anggrek ini pun tak terlalu mahal. Variasikan anggrek dendrobium dengan memadumadankan sesuai tema warna pernikahan.  (*)

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here